Kembalinya Sri Mulyani ke Kursi Menteri Keuangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Siapa yang tidak kenal Sri Mulyani Indrawati? Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini adalah perempuan pertama Indonesia yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. 

Mengoptimalkan Aset Negara
Jabatan itu diembannya mulai 1 Juni 2010 hingga saat ini. Sebelumnya, Mbak Ani, demikian dia disapa, menjabat sebagai menteri keuangan di era Kabinet Indonesia Bersatu. 
 
Ini Strategi Menkeu Soal Pangkas Anggaran Daerah
Namun, saat diminta menduduki posisi di Bank Dunia, Sri Mulyani pun meninggalkan jabatannya tersebut sebagai menteri keuangan. 
 
Strategi Menhub Jangkau Konektivitas Daerah Terpencil
Meraih gelar master di Illinois Urbana Champaign, Amerika Serikat dan Phd Ekonomi di tempat yang sama, Sri Mulyani juga menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu. 
 
Sebagai seorang ekonomi, wanita kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962, Sri Mulyani kerap menjadi pembicara, baik di dalam maupun luar negeri,  
 
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI) ini juga sempat aktif menjadi penasehat pemerintah bersama sejumlah ekonom terkemuka lain dalam wadah Dewan Ekonomi Nasional (DEN) pada era pemerintahan Abdurrahman Wahid.
 
Pada  awal Oktober 2002 lalu, ia terpilih menjadi Executive Director Dana Moneter Internasional (IMF) mewakili 12 negara di Asia Tenggara (South East Asia/SEA Group), menggantikan Dono Iskandar Djojosubroto. Dia menjadi perempuan pertama dari Indonesia menduduki posisi itu.
 
Kini, Sri Mulyani kembali dipercaya untuk menjabat Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja Jokowi menggantikan Bambang Brodjonegoro yang kini dipercaya menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya