Harapan Industri Pelayaran untuk Menhub Baru

Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVAnews/R. Jihad Akbar

VIVA.co.id - Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) menyatakan siap bersinergi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk melanjutkan kinerja menteri sebelumnya dalam memajukan sektor maritim di Tanah air.

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto menyampaikan selamat atas dilantiknya Budi Karya Sumadi sebagai menteri perhubungan.
 
Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat
Menurut dia, dipilihnya Budi sebagai menhub akan memberikan energi positif baru bagi Indonesia, khususnya bagi industri pelayaran nasional.  
 
Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi
“Selamat dan sukses untuk atas terpilihnya Bapak Budi Karya sebagai menteri perhubungan dan kami siap untuk bekerja sama demi kemajuan industri pelayaran nasional,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu 27 Juli 2016.
 
Carmelita mengatakan, masih banyak tantangan bagi industri pelayaran nasional saat ini, terlebih pemerintah menginginkan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.
 
Tantangan bagi industri pelayaran salah satunya adalah pengimplementasian beyond cabotage yang saat ini telah mencapai pada proses pencatatan nilai ekspor dalam bentuk cost, insurance and freight  (CIF).
 
“Masih ada beberapa tantangan industri pelayaran lainnya. Untuk mensukseskan segala tantangan itu diperlukan kerja sama antara INSA dan Kementerian Perhubungan,” tuturnya.
 
Dalam kesempatan itu, Carmelita mengakui, mantan Menhub Iganisius Jonan telah memberikan banyak dorongan untuk industri pelayaran dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang berdampak positif. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya