Karyawan 5 Industri Ini Punya Tingkat Kepuasan Kerja Tinggi

Ilustrasi pekerjaan di kantor.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Musim setelah Lebaran biasanya menjadi momok bagi berbagai divisi HRD Perusahaan, hal ini disebabkan kecenderungan karyawan mengajukan pengunduran diri dan pindah ke kantor baru cukup tinggi. Biasanya para karyawan menunggu turunnya tunjangan hari raya dahulu sebelum memutuskan hal tersebut.

Namun tak jarang, keputusan karyawan untuk pindah kerja diakibatkan ketidakpuasan dalam bekerja, yang disebabkan berbagai macam faktor. Seperti remunerasi, hubungan dengan rekan kerja maupun atasan, hingga beban kerja yang terlalu tinggi.

Qerja.com, platform online komunitas untuk berbagi informasi mengenai tempat kerja dan gaji, merilis daftar terbaru lima industri favorit.

Yaitu, industri teknologi informasi (IT) dan telecommunication; industri pertambangan, minyak dan gas;  industri barang konsumen yang bergerak cepat (industri fast moving consumer goods/FMCG); industri perbankan dan jasa finansial, serta industri asuransi.

“Kami mengolah berbagai data skor nilai rating di Qerja yang telah kami peroleh di berbagai industri dan perusahaan. Terdapat lima faktor yang digunakan untuk menghitung tingkat kepuasan karyawan ini antara lain kompensasi benefit, kesempatan karier, work life balance, nilai dan budaya, serta manajemen perusahaan,” kata GM Commercial Qerja.com, Raetedy Refanatha.

Penilaian kali ini mengikutsertakan lebih dari 1.500 perusahaan di lima industri yang dilakukan penilaian. Perusahaan multinasional seperti Chevron, Unilever dan Prudential merajai industri pertambangan, minyak dan gas.

Survei: Pencari Kerja RI Tak Bahagia dengan Pekerjaannya

Industri FMCG serta asuransi, tak kalah dengan mereka, perusahaan lokal seperti BCA dan Telkomsel berhasil menduduki posisi teratas industri perbankan dan jasa finansial, maupun IT dan telekomunikasi, dan memenangkan hati karyawan mereka.

Veronika Linardi, CEO Qerja.com mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku industri tenaga kerja, untuk membangun kultur positif di lingkungan kerja dan bagi para pencari kerja yang ingin bekerja dalam suasana kantor kondusif dan mendukung produktivitas mereka.

Ilustrasi bekerja.

Lima Tips Tetap Sehat Berada di Kantor

Meski sederhana, cara ini kerap diabaikan.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016