Kapitalisasi Pasar Saat Ini Tertinggi Sepanjang Masa

Suasana Bursa Efek Indonesia (BEI).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.idMomentum perubahan 12 menteri Kabinet Kerja dan satu kepala lembaga membuat pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) mengalami penguatan secara signifikan.

Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November

Sentimen positif ini juga turut membuat kapitalisasi pasar IHSG kembali menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa sebesar Rp5.676,6 triliun setelah rekor sebelumnya pada 20 Juli 2016 sebesar Rp5.639,4 triliun.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio, mengganggap reshuffle Kabinet Kerja yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kali ini bukan perombakan melainkan suatu penyempurnaan. Perubahan jajaran menteri Kabinet Kerja diyakini Tito akan semakin menumbuhkan kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia.

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya

"Bagi saya, tingkat kepercayaan yang tinggi akan membuat program amnesti pajak yang tengah kami jalankan bersama dengan pemerintah akan berhasil," ujar Tito lewat keterangan resminya di Jakarta, Kamis, 28 Juli 2016.

Menurut Tito, jika program amnesti pajak menuai keberhasilan, maka likuiditas pasar keuangan di Indonesia akan bertambah, sehingga akan memacu penurunan suku bunga perbankan. Dengan demikian ke depannya akan menjadi sentimen yang semakin positif bagi perkembangan industri pasar modal domestik, khususnya pergerakan IHSG.

Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah

Pada perdagangan harian, IHSG sempat menembus level psikologis 5.300 poin dan ditutup menguat 0,9 persen atau 49,96 poin ke posisi 5.274,36 poin. Level tersebut merupakan capaian tertinggi di tahun ini. Sepanjang tahun ini, IHSG telah menguat sebesar 14,83 persen sejak awal 2016.

Pada perdagangan kemarin, nilai transaksi saham mencapai Rp10,14 triliun atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata nilai transaksi perdagangan harian saham di sepanjang 2016 sebesar Rp5,96 triliun.

Sedangkan volume transaksi perdagangan saham berjumlah 5,93 juta saham atau jauh lebih tinggi dari rata-rata volume transaksi perdagangan harian di sepanjang 2016 sebesar 5,42 juta saham. Frekuensi transaksi perdagangan saham mencapai 300 kali, lebih tinggi dibandingkan rata-rata frekuensi transaksi perdagangan saham sepanjang 2016 sebesar 246.163 kali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya