BISNIS

RUU Pajak Daerah Disahkan

Menkeu: Pendapatan Asli Daerah Bakal Melonjak

Dalam jangka waktu dekat ini, DPR akan segera mensahkan RUU Pajak Daerah.

ddd
Selasa, 4 Agustus 2009, 16:17
Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani (Andika Wahyu)

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam jangka waktu dekat ini akan segera mensahkan RUU Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Dengan demikian ini menjadi kabar gembira bagi pemerintah daerah karena bisa menjadi langkah baru dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam pembicaraan tingkat I hari ini di Ruang Rapat Pansus DPR, Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat segera mensahkan Rancangan Undang Undang tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) dalam jangka waktu dekat.

Sri Mulyani mengatakan perjalanan RUU ini sangat panjang karena pembahasannya sudah sejak Maret 2006. "Sekarang ini tinggal disahkan dalam rapat paripurna DPR," ujarnya.

Penyempurnaan UU PDRD menjadi langkah strategis karena bisa memantapkan kebijakan desentralisasi fiskal dan memberikan kepastian lingkungan usaha dan iklim investasi di daerah. Jadi, pemberlakuan RUU PDRD bisa dikatakan sebagai suatu pencapaian yang baik untuk semua pihak.

RUU PDRD memuat tiga hal yakni penyempurnaan sistem pemungutan PDRD, memberikan kewenangan yang lebih besar ke daerah, dan meningkatkan efetivitas pengawasan.

Sri Mulyani mengatakan dengan tiga poin itu, daerah dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. Tapi Sri Mulyani juga mengingatkan agar daerah melakukan pengawasan dengan baik terhadap pemberlakuan PDRD ini beberapa waktu mendapat. Karena kalau tidak, ini akan bisa memberikan dampak negatif bagi perekonomian daerah.




© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id