Survei Pekan Ketiga BI, Inflasi Juli Turun

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside/Files

VIVA.co.id - Survei mingguan ketiga yang dilakukan Bank Indonesia (BI) menghasilkan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada pekan ketiga Juli 2016 tercatat sebesar satu persen. Angka IHK, untuk mengukur tingkat inflasi ini, menurun dibandingkan survei mingguan kedua pada bulan ini.

BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor
"Ini sudah turun dari yang sebelumnya 1,2 persen," kata Gubernur BI, Agus Martowardojo, saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat 29 Juli 2016.
 
Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate
Sebelumnya, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Juda Agung, mengatakan, laju inflasi pada survei mingguan pertama dan kedua tercatat sebesar 1,2 persen, dan 1,128 persen secara month to month.
 
Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun
BI, ditegaskan Juda, memandang bahwa perkembangan IHK pada dua pekan terakhir memang masih relatif tinggi. Hal ini karena sejumlah indikator seperti arus distribusi bahan pangan yang terhambat, sehingga memengaruhi ketersediaan bahan. Ini yang menjadi pemicu utama.
 
Hasil survei pekan ketiga ini, selaras dengan proyeksi yang sebelumnya diungkap oleh BI, yakni laju inflasi di sisa bulan Juli akan jauh lebih rendah dibandingkan pekan-pekan pertama bulan ini.
 
BI pun akan terus berkoordinasi dengan pemerintah, dalam menjaga laju inflasi agar mampu mencapai target yang telah ditetapkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya