1,4 Juta Wisatawan China Geruduk Bali Tahun Ini

Seorang perempuan bali sedang melakukan ibadah
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Studi terbaru dari Mastercard yang berjudul Asia Pasific Destinations Indeks (APDI) mengungkapkan bahwa sepanjang 2016, wisatawan China diperkirakan akan menghabiskan dana jalan-jalannya sebesar US$45,3 miliar di negara-negara tujuan Asia Pasifik.

Alasan Mengejutkan Mengapa Turis Asing Suka ke Bali

Dalam studi tersebut Bali masuk dalam urutan ke-10 kota yang menjadi tujuan utama wisatawan China di wilayah Asia pasifik atau 2,7 persen dari seluruh jumlah kedatangan wisata. Pariwisata Bali yang cukup menarik membuat wisatawan China memilih tempat ini untuk berlibur.

Executive Vice President, Global Products & Solutions Asia Pacific MasterCard Matthew Driver, mengatakan besarnya wisatawan China yang bepergian ke tempat-tempat wisata, tak lepas dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi China di dunia saat ini.

Bali Berencana Bangun Bandara Baru

Hal tersebut diakui, telah membuat pendapatan masyarakat di China meningkat tajam sehingga bisa melakukan perjalanan ke luar negeri. China tercatat melesat dari posisi enam kontributor wisatawan terbesar ke Asia Pasifik pada 2009 menjadi posisi pertama pada 2012 dan terus bertahan hingga saat ini.

"Berdasarkan APDI sebanyak 50,4 juta wisatawan dari China diproyeksi akan melakukan perjalanan ke destinasi-destinasi wisata di wilayah Asia Pasific tahun ini atau meningkat 15,7 persen dari total kedatangan wisatawan internasional yang bermalam," jelas Matthew dalam siaran persnya, Jumat 29 Juli 2016.

Demi Datangkan 20 Juta Wisman, DPR Siapkan Dana Triliunan?

Dia menuturkan, dengan capaian yang cukup positif tersebut sektor industri pariwisata di wilayah Asia Pasifik dipastikan bisa semakin meningkat dan pelaku industri diharapkan bisa memanfaatkan keuntungan dan memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Adapun 10 kota tujuan wisata teratas di wilayah Asia Pasifik paling populer bagi wisatawan China sepanjang 2016 berdasarkan jumlah pengunjung yang bermalam adalah:

1. Bangkok - 8,2 juta wistawan  (16,3 persen dari jumlah kedatangan)

2. Seoul - 5,2 juta (10,2 persen dari jumlah kedatangan)

3. Tokyo - 2,7 juta (5,3 persen dari jumlah kedatangan)

4. Phuket - 2,5 juta (5,0 persen dari jumlah kedatangan)

5. Pattaya - 2,1 juta (4,2 persen dari jumlah kedatangan)

6. Osaka - 1,9 juta (3,7 persen dari jumlah kedatangan)

7. Singapura - 1,8 juta (3,6 persen dari jumlah kedatangan)

8. Taipei - 1,6 juta (3,3 persen dari jumlah kedatangan)

9. Jeju - 1,5 juta (3,1 persen dari jumlah kedatangan)

10. Bali - 1,4 juta (2,7 persen dari jumlah kedatangan)

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya