TUTUP
TUTUP
BISNIS

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
Ilustrasi boros belanja. (halomoney.)

VIVA.co.id - Siapa sih yang pengen hidup boros? Tentu, pengeluaran apapun yang kamu lakukan, perlu diperhatikan dan dihemat jika bisa.

Kecuali, kamu selebritis Hollywood, atau anak dari kongolomerat dengan harta kekayaan yang tidak habis tujuh turunan.

Sisihkan penghasilan secara rutin untuk menabung, agar kamu punya persiapan untuk pensiun kelak.

Nah, bagi kamu yang saat ini merasa boros pengeluarannya, coba hentikan, atau kurangi beberapa aktivitas berikut yang sering menjadi sumber pemborosan:
 
1. Sering membeli benda sekali pakai
 
Jika kamu membeli baju baru dan tidak pernah dipakai lagi untuk menghadiri suatu pesta atau perayaan, benda tersebut disebut benda sekali pakai. Atau, kalau kamu membeli banyak perabotan plastik yang tujuannya langsung dibuang setelah dipakai sekali, maka benda-benda tersebut juga termasuk benda sekali pakai.
 
Cobalah untuk menggunakan benda yang bisa dipakai berulang kali. Misalnya, carilah baju yang kira-kira dapat digunakan lagi untuk momen-momen lain, agar tidak terbuang percuma.
 

2. Terus makan di restoran 

Keseringan makan di luar rumah seperti restoran, juga mudah membuat kamu terjebak dalam gaya hidup boros. Cobalah membuat variasi dengan memasak makanan bersama-sama di rumah teman, atau pasangan untuk alternatif. Selain lebih hemat, memasak bersama juga lebih menyenangkan.
 

3. Tarik tunai di ATM bersama

Melakukan tarik tunai di anjungan tunai mandiri (ATM) bersama umumnya menimbulkan biaya tarik tunai. Jika tidak terpaksa, sebaiknya tarik dari ATM bank kamu sendiri.
 
Usahakan untuk membawa uang sedikit berlebih, agar kejadian kepepet menarik tunai dari ATM bersama bisa dihindari.
 
Hal yang sama juga berlaku untuk transfer antarbank. Cobalah gunakan bank yang sama dengan bank pihak yang akan menerima transfer uang dari kamu jika memungkinkan.
 
Misalnya saat belanja online, kamu bisa minta tolong melalui teman kamu yang punya rekening bank sama dengan pilihan bank yang disediakan toko online. Kemudian, kamu tinggal menggantinya sejumlah uang yang kamu transfer.
 
4. Berlangganan newsletter diskonan
 
Apakah kamu pernah subscribe di situs yang menawarkan kupon produk diskon? Jika kamu tipe orang yang sulit mengendalikan keinginan berbelanja, sebaiknya hindari berbagai email newsletter promosi penawaran kupon diskon tersebut dengan melakukan unsubscribe
 

5. Tidak melunasi tagihan kartu kredit secara penuh

Bagi kamu yang pengguna kartu kredit, jangan biasakan untuk membayar tagihan dalam jumlah minimum. Hal ini, dapat menyebabkan kamu menunggak biaya bunga yang sangat tinggi, jika diakumulai dalam jangka waktu yang panjang.
 
Gunakan kartu kredit dengan bijak, agar kamu bisa tetap berhemat dan selalu lakukan pembayaran penuh. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP