30 Gerbong KRL Bekas Jepang Tiba di Tanjung Priok

30 Gerbong KRL dari Jepang Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id -
KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet
Sebanyak 30 gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) bekas dari Jepang tiba di Dermaga 101 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Gerbong tersebut diangkut menggunakan kapal MV NewLegend Ruby berbendera Panama.
PT KCI Borong 3 Rangkaian KRL dari China untuk Armada Jabodetabek

Proses bongkar muat dimulai sekitar pukul 16.30 WIB. Satu per satu gerbong diangkut menggunakan crane dan dipindahkan ke atas truk Flatbed. Proses bongkar muat sendiri diperkirakan selesai pada sekitar pukul 19.00 WIB.
Malam Tahun Baru, KRL Commuter Line Beroperasi hingga Pukul 03.00 WIB


Rangkaian gerbong yang telah turun dari kapal langsung dibawa ke area "PASOSO" untuk dirangkai dan disiapkan untuk dijalankan ke depo Kereta Api.


"Ini merupakan kereta seri 6000 dari Tokyo Metro Jepang, kereta yang datang ini. Walaupun tidak baru, namun telah memiliki teknologi ramah lingkungan," ujar Dirut PT KCJ, Muhammad Nur Fadhil, di area Pasoso, Jumat, 29 Juli 2016.


Teknologi yang dimaksud Fadhil adalah Variable Voltage Variable Frequency (VVVF) yang diklaim dapat lebih menghemat konsumsi listrik kereta tersebut. Nantinya, kereta ini akan difungsikan dengan formasi rangkaian 10 gerbong.


"Untuk tahun ini, kita menargetkan mengangkut 285,6 juta penumpang, dan 30 gerbong lagi masih akan datang tahun ini," ujar Fadhil.


Jumlah tersebut merupakan target dengan peningkatan dari pengangkutan tahun lalu yang berjumlah 257,5 juta penumpang. Rencananya, sisa 30 gerbong yang akan datang diperkirakan mulai masuk pada akhir 2016 tahun ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya