Tips Hemat Agar Bisa Sering Liburan

Ilustrasi liburan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan sendiri, namun masih single atau belum berpasangan dalam hidup berumah tangga, banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu longgar dan jatah cuti liburan.

Rekomendasi Tempat Camping Murah Pemandangan Indah di Semarang

Karena masih belum banyak tanggungan anak dan pasangan (suami atau istri), banyak kegiatan yang dilakukan di luar rumah tentunya bersama teman atau sahabat.

Selain dengan teman, kegiatan mengisi waktu senggang juga dilakukan dengan keluarga dekat dengan bersantai bersama. Atau mungkin bagi yang memiliki hobi, waktu longgar merupakan waktu untuk hobi.
Tagar Boikot Menggema, Netizen Ngeri Liburan ke Thailand

Kegiatan bersantai baik dengan teman atau kerabat dekat bisa dilalui dengan berlibur bersama, berekreasi ke tempat-tempat wisata. 
Dear Millenial, Modal Rp50 Ribu Sekarang Udah Bisa Traveling

Berlibur dengan travelling ke suatu tempat merupakan salah satu hobi yang banyak dilakukan terutama kaum muda saat ini.

Untuk mengakomodasi bagi Anda yang suka sekali berjalan-jalan, baik dalam kota maupun luar kota, baik dalam pulau atau luar pulau, harus mempersiapkan sejumlah dana yang pastinya tidak sedikit untuk jenis hobi yang satu ini.

Jika Anda mempunyai planning untuk mengunjungi beberapa  tempat wisata, sebaiknya harus melakukan beberapa hal untuk mempersiapkan segi dana tersebut. 

Hal yang pasti adalah dengan menghemat pengeluaran, dan memperbesar tabungan jatah kebutuhan travelling. Tapi harus diperhatikan bahwa, semua yang dilakukan berdasarkan kemampuan finansial dan tidak merugikan masa depan Anda. Berikut tips hematnya:

1. Menyisihkan sejumlah penghasilan

Mengagendakan travelling saat cuti liburan memang tidak masalah. Selain untuk tujuan refreshing diri dan menyegarkan kembali semangat kerja, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk memanjakan diri dalam menikmati hasil pekerjaan yang dilakukan. 

Agar Anda bisa sering-sering liburan, pastinya segi dana harus memungkinkan dalam mendukung agenda travelling. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyisihkan sejumlah bagian tertentu dari penghasilan Anda khusus untuk dana travelling

Selalu diingat bahwa tabungan travelling jangan sampai mempengaruhi tabungan persiapan masa depan.

Tiap orang memiliki tipe travellingnya sendiri-sendiri, dan budget yang dibutuhkannya juga berbeda. Apapun jenis travelling-nya, sebagai sumber biayanya, Anda harus rutin menyisihkan uang gaji khusus untuk kebutuhan travelling.


2. Menghargai uang recehan

Bagi yang seringkali belanja, terkadang Anda menerima kembalian uang dalam bentuk recehan. Uang receh mungkin akan terlihat sepele karena nilainya yang kecil. 

Seringnya tidak menghargai uang receh ini harus dihentikan, karena jika uang tersebut dikumpulkan pasti akan membantu saat menerapkan pola hidup hemat. Simpan uang receh pada suatu tempat sebagai celengan, yang nantinya bisa digunakan sebagai tambahan untuk keperluan liburan Anda.


3. Menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan

Cara lain untuk mendapatkan tambahan uang untuk keperluan liburan adalah dengan menjual barang-barang Anda yang sudah tidak terpakai atau mungkin rusak. Barang-barang tersebut bisa dikumpulkan terlebih dahulu di gudang, kemudian dijual ke tempat barang bekas. 

Atau jika barang yang Anda miliki masih bagus namun sudah tidak Anda gunakan lagi bisa dijual lagi kepada orang yang membutuhkannya. Banyak situs yang bisa Anda jadikan referensi untuk menjual barang. Uang hasil penjualan barang-barang tersebut bisa ditambahkan ke dana travelling Anda.

4. Mengurangi jajan atau makan di luar

Mengurangi membeli jajan dan makan di luar merupakan salah satu tindakan efektif untuk melakukan penghematan pengeluaran. Uang yang mungkin akan Anda untuk gunakan jajan di luar bisa ditabung untuk kas liburan. 

Selain karena alasan penghematan, mengurangi membeli makanan di luar juga karena alasan kesehatan. Untuk lebih higienis dan berhemat, Anda bisa membawa bekal makanan dari ruang jika sedang beraktivitas di luar atau bekerja.


Kapan Anda Mau liburan?

Jika uang Anda yang ditabung sebagai bekal saat liburan telah terkumpul, rencana liburan ke tempat idaman bisa mulai Anda susun. Tinggal atur waktu longgar, Anda bisa travelling menikmati pengalaman liburan sesuai keinginan. 

Pastikan Anda berhemat dari hal yang kecil dalam kehidupan sehari-hari agar Anda bisa sering liburan nantinya. Travelling akan menjadi penuh warna jika Anda mengajak serta orang-orang terdekat atau sahabat. Jadi kapan Anda liburan?



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya