Dampak Brexit Terus Ciptakan Ketidakpastian Ekonomi

Presiden The Federal Reserve of New York William C. Dudley
Sumber :
  • Dok BI

VIVA.co.id - Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve of New York) mengakui, dampak dari hasil referendum Inggris, yang menyatakan keluar dari Uni Eropa (Brexit) beberapa waktu yang lalu masih sulit diukur, terutama terhadap perekonomian Amerika Serikat.

Resident in UK Can Only Buy Three Tomatoes, Peppers and Cucumbers

Hal ini diungkapkan Presiden The Federal Reserve of New York William C. Dudley, dalam Joint International Seminar “Managing Stability and Growth Under Economic and Monetery Divergence" yang diadakan di Sofitel, Nusa Dua, Bali, Senin 1 Agustus 2016.

Dudley mengatakan, dampak Brexit secara langsung terhadap perekonomian Paman Sam, memang tidak terlalu cukup signifikkan. Utamanya, kepada sektor perdagangan, di mana total ekspor AS ke negeri Elizabeth hanya mencapai 0,7 persen dari total produk domestik bruto (PDB).

Tak Kunjung Dapat Pekerjaan, Thomas Tuchel Terancam Diusir dari Inggris

Tetapi, menurut dia, keputusan Brexit justru akan berdampak bagi aktivitas ekonomi Eropa. Pengaruh terhadap pasar keuangan global pun akan semakin terasa. AS, sebagai bagian dari pasar keuangan, mau tidak mau akan terkena dampaknya.

"Pertumbuhan Inggris akan melambat sebagai konsekuensinya," jelas Dudley.

Serikat pekerja Irlandia Utara Adakan Parade di Tengah Krisis Politik

Meski begitu, dampak potensial Brexit akan tetap menjadi perhatian khusus bagi bank sentral, meskipun memang sentimen yang diberikan kepada pasar keuangan global hanya bersifat jangka pendek. Namun, Dudley menegaskan, ini akan tetap menjadi sebuah ketidakpastian global.

"Saya percaya, potensi dampak susulan menimbulkan risiko penurunan jangka menengah untuk ekonomi global. Ini risiko yang perlu dipantau," kata dia. (asp)

Gerbang Tol Brebes Timur

Mengingat Momen Mudik Maut di Brebes Exit Tahun 2016, Belasan Orang Tewas

Sepanjang sejarah mudik, barangkali tahun 2016 yang paling berdarah. Kemacetan di pintu keluar Tol Brebes Timur atau Brebes Exit (Brexit) tahun 2016 jadi momen terburuk

img_title
VIVA.co.id
20 April 2023