BI Prediksi Desember Puncak Inflasi 2016

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside/Files

VIVA.co.id - Bank Indonesia (BI) memprediksi puncak inflasi pada tahun ini akan terjadi pada Desember mendatang, jelang hari raya Natal dan libur panjang di akhir tahun yang meningkatkan konsumsi masyarakat, dan pada akhirnya membuat ekspektasi pasar berlebih.

BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor

"Risiko inflasi biasanya Desember secara history," jelas Direktur Eksekutif Kebijakan Makro Ekonomi dan Moneter dari BI, Juda Agung, di Jakarta, Rabu 3 Agustus 2016.

Juda mengatakan, pola inflasi Juni maupun Juli setiap tahunnya memang biasanya menjadi puncak tertinggi inflasi. Namun, nyatanya inflasi Juni tercatat hanya 0,66 persen, sementara Juli lalu, hanya 0,69 persen.

Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate

Menurut dia, capaian tersebut memang semakin membuka ruang bagi otoritas moneter untuk kembali melakukan pelonggaran kebijakan moneter. Namun, perkembangan ekonomi global dan domestik tetap menjadi prioritas yang akan dicermati.

"Memang kalau dilihat, disparitas harga di daerah cukup tinggi, bukan saja masalah produksi," ujar Juda.

Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun

Terlepas dari hal tersebut, BI, ditegaskan Juda, masih meyakini target inflasi yang dipatok sebesar empat plus minus satu persen akan tercapai. "Tetap berada di kisaran BI," kata dia.


(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya