Jawa Sumbang 58,1 Persen Ekonomi RI di Kuartal II 2016

Pertumbuhan Ekonomi 2016 kurang berkualitas.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atau PDB menurut wilayah pada kuartal II 2016 masih disumbang besar pulau Jawa. Artinya, struktur perekonomian Indonesia secara spasial masih didominasi oleh pulau Jawa dengan share sebesar 58,1 persen. 

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi

Kepala BPS Suryamin menjelaskan kontribusi pulau jawa yang sebesar 58,1 persen itu disusul kemudian oleh pulau Sumatera sebesar 22,02 persen, lalu pulau Kalimantan sebesar 7,61 persen, kemudian Pulau Sulawesi 6,08 persen dan sisanya 5,48 persen di pulau-pulau lainnya. 

"Kontribusi pulau Jawa masih cukup besar untuk pembentukan PDB Nasional kuartal II 2016," kata Suryamin di kantor Pusat BPS, Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2016.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Ia menambahkan bahwa laju pertumbuhan PDRB dari tahun ke tahun mengalami kenaikan di semua pulau kecuali maluku dan papua. Dirincikannya, Sumatera mengalami kenaikan sebesar 4,49 persen, Jawa naik 5,73 persen, Bali dan Nusa Tenggara 7,36 persen, Kalimantan naik 1,13 persen dan Sulawesi 8,49 persen. 

"Sementara Maluku dan Papua melambat 1,57 persen," kata Suryamin.

Cari Data Investasi Lebih Akurat BKPM Gandeng BPS

Suryamin menambahkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi kuartal II juga didorong oleh pengeluaran konsumsi rumah tangga yang masih tumbuh dikisaran lima persen, dan konsumsi pemerintah melalui kenaikan realisasi belanja dan pengeluaran lainnya. 

Sementara itu, dari sisi produksi didorong oleh sektor pertanian yang mengalami panen raya tanaman pangan, lalu Industri pengolahan yang tumbuh tinggi dan perdagangan yang juga tumbuh tinggi.

"Hingga beroperasinya beberapa pembangkit listrik yang sejalan dengan program listrik 35 ribu megawatt ikut mendorong PDB," kata dia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya