TUTUP
TUTUP
BISNIS

Pendapatan Usaha Naik, Optimisme Pelaku Bisnis Meningkat

Peningkatan usaha tertinggi ada pada usaha Informasi dan Komunikasi.
Pendapatan Usaha Naik, Optimisme Pelaku Bisnis Meningkat
Ilustrasi keuntungan berbisnis

VIVA.co.id - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada Kuartal  II 2016 mengalami peningkatan dari kuartal sebelumnya. Tercatat ITB pada kuartal II 2016 sebesar 110,24 yang meningkat dari kuartal I 2016 sebesar 99,46 persen. 

Untuk diketahui, ITB adalah indikator perkembangan ekonomi usaha terkini yang datanya diperoleh dari Survei Tendensi Bisnis (STB) yang dilakukan oleh BPS yang bekerja sama dengan Bank Indonesia yang dilakukan setiap kuartal di beberapa kota besar. 

Adapun jumlah sampel STB kuartal II 2016 adalah sebanyak 4.138 perusahaan besar dan sedang, dengan responden adalah pimpinan perusahaan. 

Kepala BPS Suryamin mengatakan bahwa dengan adanya peningkatan ini, maka kondisi bisnis pun meningkat dari sebelumnya sehingga pelaku bisnis lebih optimis dari sebelumnya. 

"Optimisme pelaku bisnis pada kuartal II 2016 terjadi pada semua lapangan usaha, kecuali lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang mengalami penurunan menjadi 96,59," kata Suryamin di kantor Pusat BPS, Jumat 5 Agustus 2016. 

Lebih lanjut Suryamin menjelaskan bahwa peningkatan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Informasi dan Komunikasi dengan ITB sebesar 118,37. Sedangkan peningkatan kondisi bisnis terendah terjadi pada lapangan usaha konstruksi dengan nilai ITB sebesar 105,50. 

"Kondisi bisnis pada kuartal II Meningkat karena adanya peningkatan pendapatan usaha, kapasitas produksi, maupun rata-rata jumlah jam kerja," kata dia.


KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP