BKPM Dorong Investasi Pariwisata di Pulau Kalimantan

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Virna Puspa Setyorini

VIVA.co.id - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong akan menyediakan informasi yang akurat bagi investor untuk menanamkan modalnya. Dalam penyediaan informasi investasi, pihaknya akan bersinergi dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

Ia mencontohkan informasi yang menarik dari data BPS menyebutkan bahwa pertumbuhan di pulau Jawa lebih tinggi daripada di luar jawa. Untuk itu, penting pemerataan investasi di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di luar Jawa.

Selain itu, kata dia, data BPS juga menyebutkan bahwa pertumbuhan paling cepat adalah di sektor jasa, pariwisata. Hal inilah yang menurutnya perlu didorong bersama dengan pemerintah.

"Data BPS mengungkapkan sektor-sektor yang tumbuh sembilan sampai 9,5 persen per tahun itu kebanyakan adalah sektor jasa, dan pariwisata," kata Thomas di kantornya, Jakarta, Senin, 8 Agustus 2016.

Ia menegaskan, sektor tersebut bisa dikembangkan di pulau Kalimantan. Dikarenakan perekonomian di sana masih terbilang lemah untuk sektor pariwisata. Sebab investasi di pulau kalimantan lebih kepada sektor pertambangan.

"Ini menurut saya informasi yang menarik karena perkiraan saya, pariwisata, pertanian dan industri ringan perdagangan ini akan sangat berguna bagi investor untuk menilai mau investasi di mana dan kekurangannya di mana," tutur dia.
 

Bangun Kemitraan dengan UMKM, Unit Usaha BUMI Raih Penghargaan BKPM
Menteri Investasi Bahlil Lahadali meresmikan media center Indonesia Maju

Menteri Investasi Bahlil Resmikan Media Center Indonesia Maju, Ini Fungsinya

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meresmikan media center Indonesia Maju di Menteng, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023