Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah

proses penghitungan uang di bank
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) melanjutkan kerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dalam menampung investasi asing masuk ke dalam negeri.

Bangun Kemitraan dengan UMKM, Unit Usaha BUMI Raih Penghargaan BKPM

Kali ini, Bank Mandiri akan dijadikan pintu masuk (gateway) utama dalam menampung modal asing ke dalam negeri. 

"Bank Mandiri sudah lama bekerja sama dengan BKPM dalam layanan investasi, tetapi yang lebih luas kita ingin mencoba BKPM untuk menjadi gateway investasi PMA yang dicatat oleh kita di luar negeri dan membawa PMA (Penanaman Modal Asing) masuk ke daerah-daerah yang memang belum disentuh oleh investor," kata Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo usai penandatanganan MoU di kantor BKPM Jakarta, Selasa 9 Agustus 2016. 

BKPM Pastikan Kenaikan Upah Minimum 2023 Tak Ganggu Iklim Investasi di RI

Ia mengatakan, kerja sama yang telah dijalin pihaknya selama ini dengan BKPM adalah untuk melakukan event-event menarik investor. Seperti yang sudah pernah dilakukan oleh BKPM dan Bank Mandiri, yaitu untuk wilayah Papua. 

Ke depannya, kata dia, investasi akan dikembangkan ke wilayah-wilayah yang masih belum tersentuh oleh Penanaman Modal Asing (PMA) seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Tenggara dan daerah remote, atau terpencil lainnya.

154 Perusahaan Mau Relokasi Investasi ke RI dari Negara Ini

"Jadi, banyak daerah yang belum disentuh oleh PMA bisa kita dorong, sekarang kita belum pilih, nanti kita cek," kata dia. 

Meski demikian, ia mengaku belum bisa menyebutkan berapa besaran investasi yang ditargetkan ke depannya untuk memeratakan modal asing tersebut. "Belum tahu. Kita baru aja tanda tangan," tutur dia. (asp)

Menteri Investasi Bahlil Lahadali meresmikan media center Indonesia Maju

Menteri Investasi Bahlil Resmikan Media Center Indonesia Maju, Ini Fungsinya

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meresmikan media center Indonesia Maju di Menteng, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023