Intip Toilet Berbintang di Terminal 3 Bandara Soetta

Kebersihan toilet Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :

VIVA.co.id - Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah resmi beroperasi pada dini hari tadi, Selasa 9 Agustus 2016. Konsep ramah lingkungan, serta fasilitas keamanan yang ditawarkan kepada para penumpang memang menjadikan Terminal 3 lebih berkelas dibandingkan terminal lainnya.

Kemenhub Minta Angkasa Pura Audit Terminal 3 Bandara Soetta

Lantas, dibalik semua fasilitas-fasilitas yang diberikan, bagaimana kondisi kamar kecil atau toilet bagi para penumpang?

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id di lokasi, kamar kecil yang disediakan di Terminal 3 sangat jauh berbeda dibandingkan di Terminal 1 maupun Terminal 2. Kali ini, PT Angkasa Pura (AP) II sebagai regulator menyesuaikan kamar kecil dengan standarisasi Internasional, atau sekelas hotel berbintang.

Terminal 3, Usaha Perbaiki Citra Bandara Soekarno-Hatta

“Jadi, semua sudah masuk dalam kategori skytrack,” ujar salah seorang petugas AP II yang enggan disebutkan namanya, saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Fasilitas toilet terminal 3 bandara Soekarno-Hatta

PDIP: Pengoperasian Terminal 3 Soetta 'Asal Bapak Senang'

Kamar kecil yang disediakan, adalah empat bilik kamar besar, enam urinoir berdiri, sampai dengan enam wastafel dengan konsep modern. Bahkan, untuk pengguna kamar kecil penyandang difabel, regulator telah mempersiapkan kamar khusus untuk itu.

Fasilitas toilet untuk difable di terminal 3 Soetta

“Sekarang kami buat seperti komplek. Jadi ada toilet khusus penyandang difabel,” kata dia.

Para petugas kebersihan, tetap siaga berada di kamar kecil, untuk memastikan bahwa kebersihan tetap terjaga. Sesekali, petugas kemanaan operasional dari AP II pun mendatangi kamar kecil, untuk berjaga-jaga, jika adanya hal-hal yang mengganggu kenyamanan penumpang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya