Bappenas Minta Pemotongan Anggaran Jangan Ganggu Ekonomi RI

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasioanal (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menitipkan empat fokus utama yang harus dilakukan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan dalam upaya pemangkasan anggaran secara mandiri di setiap Kementerian/Lembaga (K/L) atau self blocking.

Masyarakat Ditegaskan Harus dapat Manfaat Digitalisasi EkonomI Syariah

Empat pesan itu adalah belanja-belanja yang tidak bisa 100 persen tereksekusi, tidak menyentuh belanja prioritas, melakukan penghematan dari lelang-lelang, dan pemangkasan dari belanja barang serta perjalanan dinas yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi program K/L.

"Adanya fokus tersebut, kita berupaya self blocking ini tidak mengganggu pertumbuhan ekonomi di semester dua nantinya," kata Bambang di kantornya, Selasa 9 Agustus 2016.

Bangun Infrastruktur, Pemerintah Dorong Swasta Ngutang ke AIIB

Self blocking dianjurkan Bambang karena pemerintah telah memangkas kembali anggaran K/L sebesar Rp65 triliun dalam sisa lima bulan menjelang akhir 2016 guna menjaga kredibilitas fiskal Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P)

Di samping itu, Bambang menambahkan bahwa pemerintah juga mendorong daerah agar membelanjakan dana-dananya yang masih menumpuk di perbankan daerah. Kemudian peran swasta juga diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Menteri Bambang Sebut Turki Contoh Sukses Kerja Sama Pemerintah-Swasta

"Jadi kebijakan itu sekarang sudah tidak boleh ada lagi (simpan dana daerag diperbankan) dan kemudian didorong menjadi investasi yang real dan komitmen untuk direalisasikan," kata Bambang.

(ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya