Afrika Selatan Jadi Ekonomi Terbesar di Benua Afrika

Afrika Selatan
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVA.co.id – Afrika Selatan mengambil kembali gelar ekonomi terbesar di benua Afrika, setelah dua tahun lalu posisi tersebut diduduki oleh Nigeria.

Viral! Wanita Suku di Benua Hitam Tawari Seks untuk Para Tamu

Dilansir BBC, Jumat 12 Agustus 2016, IMF menempatkan Afrika Selatan di posisi teratas menggunakan perhitungan nilai tukar mata uang. Mata uang Afrika Selatan, Rand, telah menguat terhadap mata uang dolar Amerika Serikat. Sementara mata uang Nigeria, Naira, turun tajam terhadap dolar AS.  

Ekonomi Afrika Selatan bernilai sekitar US$301 miliar dan Nigeria bernilai US$296 miliar. Perhitungan ini menggunakan nilai mata uang tahun ini dan data-data tahun lalu.

Terkuak, Sederet Alasan Maroko Hanya Izinkan 4 Negara Bantuan

Meski demikian, kedua negara dapat berada di ambang resesi. Analis memproyeksi pertumbuhan ekonomi Afrika Selatan, tidak akan mampu di atas satu persen pada tahun ini.

Pengangguran masih masih tetap tinggi di dua negara tersebut. Peringkat kredit kedua negara juga memburuk.

Lawan Kroasia, Timnas Maroko Turunkan Pemain Lapis Kedua

Ekonomi Nigeria, sangat bergantung pada ekspor minyak, dan seiring dengan merosotnya harga minyak, pendapatan negara tersebut ikut anjlok. Sementara itu, ekonomi Afrika Selatan lebih bervariasi dan merupakan ekonomi paling maju di Afrika. (asp)

Ilustrasi musim dingin atau salju.

Geger 5 Negara di Afrika Alami Hujan Salju

Afrika bukanlah tempat pertama yang muncul di benak kita saat memikirkan daerah salju. Kehangatan, sinar Matahari, dan padang sabana malah yang akan terbesit dalam benak.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2024