Oman Tertarik Bangun Kilang Minyak di Indonesia

Ilustrasi Kilang Minyak
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Perusahaan minyak dan gas (migas) nasional dari Oman, Oversea Oil and Gas LLC, tertarik berinvestasi bangun kilang minyak di Indonesia dengan PT Pertamina. Pihak perusahaan telah melakukan pertemuan tertutup dengan Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto di kantor BUMN pada Jumat, 12 Agustus 2016.

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

"Jadi, kita sedang melihat di mana mereka (perusahaan Oman) yang paling cepat bisa membangun. Jadi, mereka sangat tertarik, ini yang sedang kita detailkan (wilayah investasi)," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, seusai konferensi pers persiapan HUT ke-71 RI di Jakarta, Jumat 12 Agustus 2016.

Beberapa wilayah diusulkan menjadi tempat pembangunan kilang, di antaranya di Bontang, Kalimantan Timur dan di Sumatera Utara. Kedua wilayah tersebut masih dipertimbangkan di mana kemungkinan paling cepat dibangun.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengungkapkan kepastian ketertarikan perusahaan migas Oman tersebut untuk berinvestasi.   

Diutarakannya kilang Bontang masih menggunakan skema ke Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), sehingga dia menawarkan opsi kilang lain. Dwi menyatakan pihaknya menawarkan pembangunan kilang di Sumatera Utara dan Aceh.

Rentetan Insiden Kilang Minyak Meledak, Dirut Pertamina Beberkan 4 Penyebabnya

"Jadi, disampaikan mengenai lokasi Bontang. Nah, Bontang kan posisinya masih KPBU, jadi kita akan carikan provinsi lain di Sumatera Utara sama Aceh. Tapi, nanti kita akan lihat ke depannya," ucapnya.

Dwi mengungkapkan nilai investasi untuk pembangunan kilang masih dalam tahap pembicaraan. Hanya saja, dia memperkirakan untuk kilang minyak berkapasitas 300 ribu barel dibutuhkan investasi sekitar US$10-12 miliar.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya