Beli Pertamina Geothermal Energy, Biaya Listrik PLN Turun

Pembangkit listrik dari energi terbarukan, panas bumi.
Sumber :
  • bp.blogspot.com

VIVA.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, dengan PT PLN (Persero) mengakuisisi PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), keduanya akan menjadi mitra dalam menghasilkan energi listrik terbarukan yang bersumber dari energi panas bumi (geothermal).

Holding BUMN Migas Bikin Pertamina Setara Total dan ExxonMobil

"Geothermal ini dipakai untuk energi primer tersebut, tidak lain adalah untuk listrik. Penjual listrik adalah PLN. Nah, pengebor ke bawah adalah Pertamina," kata Rini kepada media setelah konferensi pers persiapan HUT RI ke-71 di kantor BUMN pada Jumat 12 Agustus 2016.

Rini menginginkan, pengembangan rencana kerja sama tersebut secepatnya beres. Lantaran, dia menilai geothermal adalah energi terbarukan yang bersih

Rencana PLN Bisa Memperoleh Subsidi Harga Gas Dipertanyakan

"Karena itu, saya minta ini menjadi partner berdua. Karena, satu ada kekuatannya untuk mengebor, yang satu memang listriknya, transmisinya, marketing listriknya itu semua ada PLN. Jadi, 50:50 exactly (pastinya)," ucapnya.

Menurutnya, kerja sama ini memang perlu dilakukan, karena PLN tidak dapat memiliki kemampuan untuk drilling. Sementara itu, drilling menjadi kemampuannya Pertamina. Sehingga, dia menekankan harus adanya mata rantai antara PLN dan Pertamina untuk pengolahan energi listrik geothermal.

Jadi Dirut PLN, Zulkifli Zaini Mundur dari Komisaris Bank Permata

Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir mengatakan, kerja sama tersebut akan menambah nilai efisiensi. Sebelumnya, untuk mengolah energi listrik geothermal, PLN harus membeli terlebih dahulu uap geothermal untuk kemudian diolah menjadi energi listrik. Sehingga, bila sudah ada bentuk kerja sama tersebut, menurutnya, akan memperingkas proses produksi listrik.

"(Modal) ya turun pasti, nanti untuk biaya panas bumi ini Insya Allah jadi turun biayanya. Kan, itu komponen inti terbarukan. Mudah-mudahan bisa single digit," ujarnya. (asp)

PLN dinobatkan jadi perusahaan listrik terbaik se-Asia Tenggara dan Asia Selatan mendukung transisi ekonomi rendah karbon

Keren, PLN Jadi Perusahaan Listrik Terbaik Asia Tenggara dan Selatan

PLN terpilih dari 50 perusahaan listrik di dunia dengan capaian apik.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2020