Jokowi Tegaskan Dana APBN Hanya untuk Daerah Tertinggal

Presiden Joko Widodo sedang mempercepat proyek-proyek infrastruktur dan akses transportasi di berbagai belahan Indonesia.
Sumber :
  • Tim Komunikasi Presidenn

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menegaskan, dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hanya boleh digunakan untuk pengembangan pembangunan infrastruktur di daerah tertinggal. Sedangkan daerah-daerah yang telah tumbuh ekonominya, didorong untuk mandiri. 

SMI Dapat Kontrak Penugasan Pemerintah Rp 825 Miliar, Siapkan Proyek Pembangunan di IKN

Dalam pidato kenegaraannya memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI di depan para anggota DPR dan DPD, Selasa 16 Agustus 2016, Jokowi menegaskan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga harus berperan aktif dalam pembangunan infrastruktur di daerah. 

"Daerah- daerah lain yang ekonominya menggeliat dan tumbuh, pemerintah mendorong peran dunia usaha dan kerja sama dunia usaha dengan BUMN," ujarnya di gedung DPR.

Tanggul Kali Hek Jebol, DPRD DKI Soroti Sedikitnya Pasukan Biru SDA

Tahun ini, menurut Jokowi, investasi yang dilakukan BUMN ditargetkan sebesar Rp410,2 triliun. Investasi tersebut mencakup 63 proyek strategis dengan nilai Rp347 triliun. 

"Nilai investasi BUMN akan terus diperbesar, sehingga pada 2019 dapat mencapai Rp764 triliun," tambahnya. 

Jokowi Kunjungan Kerja ke Sulteng, Resmikan Rekonstruksi Bandara Mutiara SIS Al-Jufri

Dia berharap, kerja sama yang baik antara BUMN dan pihak swasta dapat mendorong percepatan pembangunan nasional secara merata. (asp)

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah proyek revitalisasi pascabencana tsunami tahun 2018 silam.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024