Luhut Puji Arcandra Lakukan Terobosan di Kementerian ESDM

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa dirinya akan meneruskan apa yang sudah dilakukan oleh mantan Menteri Arcandra Tahar.

Pantaskah Arcandra Jadi Menteri Lagi?

"Apa yang telah dilakukan oleh Pak Candra menurut saya merupakan langkah-langkah yang brilian. Meskipun baru menjabat selama 20 hari, beliau sudah melakukan penghematan di beberapa proyek ESDM," ujar Menko Luhut dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa 16 Agustus 2016.

Meski demikian, dirinya akan tetap mengkaji lagi beberapa kebijakan yang sudah dibuat mantan menteri pengganti Sudirman Said tersebut. Meski kata dia, secara umum, kebijakan-kebijakan yang dibuat Candra dinilainya sudah pro rakyat.

Mensesneg Jelaskan Tanggung Jawab Menkumham soal Arcandra

"Penghematan yang dilakukan beliau adalah yang selama ini gagal kita  lakukan. Untuk kasus Masela, misalnya, hitungan beliau berhasil menurunkan biaya dari angka US$20 miliar menjadi US$15 miliar. Ini penghematan yang luar biasa  besar," ungkap dia.

"Penghematan biaya pengembangan IDD laut dalam Makassar juga akan kita teruskan. Mahakam juga akan kita teruskan," tambah Luhut.

Alasan Kuat Arcandra Tahar Tak Layak Jadi Menteri Lagi

Luhut juga berujar, sebagai Plt Menteri ESDM, paling penting menurutnya kebijakan yang dihasilkan haruslah menguntungkan bagi Indonesia.

"Tetapi jangan sampai kita untung tetapi orang lain tidak untung. Presiden kemarin sempat menegur kenapa avtur kita semahal itu, dan kenapa selama ini Indonesia belum bisa membuat kilang sendiri," kata Luhut.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan.

Demokrat: Angkat Arcandra Lagi, Jokowi Bisa Dimakzulkan

Mereka mengingatkan negara ini diatur oleh UU.

img_title
VIVA.co.id
9 September 2016