Menperin Yakin Target Produksi 5,4 Persen Tercapai

Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id - Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, tetap optimistis target produksi industri 5,4 persen dapat tercapai pada 2017. Namun, tentu akan dilihat situasi global dan investasi, terutama untuk komponen daya saing.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

"Salah satu komponen daya saing kalau untuk industri petrochemical dan makanan itu, kan, salah satunya gas," kata Airlangga di kantor Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta pada Selasa, 16 Agustus 2016.

Kementerian akan melakukan pendalaman struktur terhadap value chain industri. "Jadi dari rantai produksi industri akan kita lihat. Yang masih bolong-bolong kita akan mintakan untuk joint promotion dengan BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dengan itu nanti kita lihat," ujarnya.

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final

Bila sejauh ini industri lebih mendorong bagian hulu, Kementerian akan lebih memperhatikan rantai antara hulu dengan hilir. Dia akan memberikan fasilitas tax allowance atau keringanan pembayaran pajak, tentu setelah pengkajian. Hal ini diharapkan agar ada harmonisasi terhadap tarif fiskal.

"Nanti kita lihat tax allowance dan tax holiday (pembebasan pajak dengan jangka waktu tertentu) per sektor, sedang kita kaji. Kita monitor perkembangannya sampai tiga bulan ke depan," ujarnya.

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi
Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024