Tips Beli Smartphone Bekas Tapi Berkualitas

Ilustrasi ponsel pintar
Sumber :
  • VIVAnews/Siti Sarifah Aliah

VIVA.co.id – Smartphone atau ponsel pintar sudah menjadi bagian yang hampir tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan smartphone, baik untuk kemudahan berkomunikasi, bersosialisasi, ataupun fitur-fitur ‘cerdas’ lainnya.

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Smartphone memiliki harga yang bervariasi, dari yang hanya ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Merk yang mahal dengan performa high-end cenderung memiliki harga yang sangat tinggi.

Jika bujet kamu terbatas, maka salah satu cara yang legal untuk mendapatkannya adalah dengan membeli smartphone bekas. Bekas tidak berarti berkualitas jelek.

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Untuk mendapatkan smartphone bekas tapi berkualitas, simak lima strategi ini:

1. Periksa kisaran harga pasar

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

Riset harga penting dilakukan agar kamu tidak ‘kemahalan’ saat membeli smartphone bekas tersebut. Bukan hanya harga versi barang barunya, kamu juga perlu cek kisaran harga smartphone bekas tersebut dari berbagai situs jual beli.

Baca juga: 4 Poin Penting Sebelum Gunakan Pinjaman untuk Menikah

2. Coba pastikan sinyal dan Wi-Fi berfungsi baik

Sebelum membeli, pastikan sinyal masih berfungsi. Tidak lucu kan kalau ternyata sinyalnya putus-nyambung terus di area dengan sinyal bagus? Selain sinyal, coba juga fitur Wi-FI dan bluetooth dan pastikan mereka berfungsi baik.

3. Cek keberadaan garansi

Pastikan smartphone yang kamu beli masih lengkap. Bukan hanya hape-nya, kamu perlu cek kelengkapan lain seperti kabel USB, charger (pastikan asli), headset, dan barang lainnya. Kamu juga perlu memastikan mengenai keberadaan kartu dan masa garansi yang tersisa.

Baca juga: 3 Cara Jitu untuk Bertahan Hidup dan Bangkit Kembali dari Situasi Bokek

4. Cobalah gunakan berbagai fitur smartphone

Jangan ragu untuk mengutak-atik berbagai fitur handphone tersebut. Kamu bisa mencoba apakah seluruh tombol berfungsi baik, baterai masih bagus, speaker dan microphone masih berfungsi, dan sebagainya. Coba cek juga untuk melakukan panggilan dan sebaliknya.

5. Gunakan koneksi yang dikenal apik

Kalau mau membeli smartphone bekas, coba cari dulu melalui kenalan-kenalan kamu. Kkemungkinan kamu dibohongi tentu lebih kecil, bila dibandingkan dengan membeli dari orang tak dikenal di situs jual beli, . Negosiasikan harga yang sesuai dan jangan lupa ikuti tips yang lain supaya smartphone bekas tersebut dijamin sesuai harapan.

Baca juga: 4 Jenis Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya!

Kalau kamu lebih memilih untuk membeli handphone baru dengan harga yang lebih hemat, maka kamu bisa memanfaatkan kartu kredit. Manfaatkan fasilitas diskon, cashback, dan cicilan nol persen untuk mendapatkan smartphone favorit kamu. Untuk melakukannya dengan mudah, kamu bisa memanfaatkan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya