Program Arcandra di Blok Masela Akan Dilanjutkan

Ilustrasi Ladang minyak dan gas di lepas pantai.
Sumber :
  • Antara/ Saiful Bahri

VIVA.co.id – Wakil Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP), Yuni Rusdinar mengatakan, pemerintah akan melanjutkan program-program yang menjadi prioritas dari Arcandra Tahar saat menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

SKK Migas: Pengembangan Blok Masela Kombinasi Offshore dan Onshore

Salah satunya terkait dengan program penghematan yang telah dikaji oleh Arcandra saat menjabat sebagai menteri. Seperti diketahui, nilai investasi pengembangan fasilitas kilang Blok Masela berhasil dipangkas oleh Arcandra dari awalnya sebesar US$22 miliar menjadi hanya US$15 miliar yang artinya bisa dihemat hingga US$7 miliar.

"Yang pertama, terkait dengan Masela itu, Program-program itu (dilanjutkan) karena juga diprioritaskan juga oleh pak Presiden, jadi yang sudah diminta untuk segera diprioritaskan diakselerasi," kata Yuni saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kamis 18 Agustus 2016.

Sah, RI dan Inpex Teken Kesepakatan Final Blok Masela

Ia mengatakan, bahwa program selanjutnya akan dijalankan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM, Luhut Binsar Pandjaitan. Tentunya, kata dia, Luhut yang lebih mengetahui program prioritas dari Kementerian ESDM ke depannya.  "Nanti tanya Pak Luhut (lebih lanjut). Kurang lebih begitu (programnya)," ujarnya menambahkan.

Selain itu, ketika ditanya awak media apakah selanjutnya Arcandra akan diangkat menjadi Staf Ahli Energi Presiden, Ia enggan berkomentar untuk hal itu. Menurutnya, hal itu merupakan hak dari Presiden sebagai pengambil keputusan.

Negosiasi Nilai Investasi Blok Masela Mulai Mengerucut 

Seperti diketahui sebelumnya, Arcandra Tahar diberhentikan dengan hormat oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 15 Agustus 2016 karena berstatus kewarganegaraan ganda. Arcandra tercatat sebagai menteri dengan waktu tersingkat sepanjang sejarah Indonesia, yakni selama 20 hari. 

(mus)

Kepala SKK Migas, Dwi Sucipto

Resmi, Inpex Kantongi Perpanjangan Kontrak Blok Masela Hingga 2055

Penandatanganan itu dilakukan diam-diam alias tanpa publikasi media.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2019