Mengekor Wall Street, Harga Minyak Hijaukan Bursa Asia

Bursa Jepang
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Bursa saham Asia pada pembukaan perdagangan Jumat pagi dibuka lebih tinggi, menyusul lonjakan harga minyak dan naiknya saham-saham di bursa Amerika serikat. Saham Asia juga didukung rebound pasar Jepang karena melemahnya Yen.

Sepekan Perdagangan Saham, Kapitalisasi Pasar Naik dan IHSG Menguat

Dilansir dari CNBC, Jumat 19 Agustus 2016, indeks Jepang Nikkei 225 tercatat naik 0,42 persen, Indeks Kospi Korea Selatan bergerak flat di level 2.055,15, dan indeks Australia ASX 200 naik 0,1 persen.

Untuk indeks Nikkei 225 yang naik pada pagi ini lebih didorong karena mata uang Yen melemah sehingga saham eksportir melonjak cukup besar, dengan saham Toyota naik dua persen, Honda naik 2,39 persen dan Mazda naik 2,32 persen.

Sepekan Perdagangan, Kapitalisasi Pasar Bursa dan IHSG Naik

Sedangkan untuk naiknya indeks Australia ASX 200 lebih disebabkan oleh keuntungan dari saham-saham sektor energi dan material di negara tersebut yang selama ini juga telah menopang ekonomi.

Sebelumnya, kenaikan harga minyak dunia disebabkan oleh kesepakatan para anggota Negara Pengekspor Minyak Dunia atau OPEC untuk membatasi pasokan minyak. Terlebih salah satu negara terbesar pengekspor minyak sudah mencatatkan rekor produksi.

45 ETF Tercatat di Bursa Efek Indonesia, Terbanyak di ASEAN
Gedung IDX, Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia)

Sepekan, Rata-rata Nilai Transaksi Harian di BEI Melonjak 20 Persen

Namun, IHSG pada periode 3-7 Agustus 2020 itu ditutup melemah.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2020