Harga Minyak Mulai Merangkak Naik

Rig minyak
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Harga minyak dunia pada Kamis ditutup naik 3,1 persen dari setelah sebelumnya tertekan selama delapan pekan akibat meningkatnya produksi minyak mentah oleh negara pengekspor terbesar dunia, sehingga minyak membanjiri pasar.

SKK Migas Pantau Ketat Dampak Konflik Hamas-Israel ke Sektor Hulu Migas Indonesia

Dilansir laman Reuters, Jumat 18 Agustus 2016, harga minyak Amerika Serikat atau West Texas Intermediate (WTI) naik US$1,43 per barel atau 3,06 persen menjadi US$48,22 per barel.

Sedangkan untuk minyak mentah Brent naik 88 sen atau 1,79 persen menjadi US$50,74 per barel, mendekati level tertingginya tahun ini sejak 23 Juni 2016. Dari dua jenis minyak tersebut telah tercatat kenaikan sebesar 20 persen dari level terendahnya.

Harga Minyak Dunia Mulai Mendidih Akibat Perang Israel Vs Hamas

Naiknya harga minyak dunia ini setelah adanya kesepakatan seluruh negara pengekspor minyak dunia (OPEC) menghidupkan kembali wacana untuk menghentikan sementara produksi minyak dunia agar tidak membanjiri pasar.

Saat ini, banyak anggota OPEC telah terluka parah oleh jatuhnya harga minyak selama dua tahun terakhir. Sementara beberapa eksportir minyak teluk memiliki biaya output yang sangat rendah, produsen lain seperti Iran dan Venezuela perlu harga minyak di atas US$100 untuk menyeimbangkan anggaran mereka.

Menteri ESDM Sebut Harga Pertamax Bakal Naik Lagi, Masyarakat Bisa Balik ke Pertalite
BBM jenis Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta

Antisipasi Dampak Konflik Palestina-Israel, Pemerintah Kaji Harga Pertalite Sesuai Jenis Kendaraan

Pemerintah akan mengatur detail kriteria kendaraan yang dapat mengisi Pertalite, dan juga tengah mengkaji untuk membuat perbedaan harga Pertalite sesuai jenis kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2023