Ikuti Standar Dunia, Adhi Karya Perlebar Bentang Rel LRT

Light Rail Transit (LRT). Foto ilustrasi.
Sumber :
  • www.srtet.co.th

VIVA.co.id – PT Adhi Karya Tbk (ADHI) melakukan pelebaran jarak rel di lintasan kereta ringan terintegrasi atau Light Rail Transit (LRT) di semua lintasan yang sedang dikerjakan sepanjang 81,6 kilometer. Proyek ini ditargetkan dapat selesai sepenuhnya pada 2018. 

Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

Direktur Adhi Karya, Budi Harto mengungkapkan, langkah perseroan yang melakukan pelebaran jarak rel LTR pada seluruh lintasan yang sedang dibangun, diakui untuk menyesuaikan dengan perkembangan industri kereta jenis tersebut di seluruh dunia saat ini.

Menurut dia, lebar jarak rel LRT yang semula dikerjakan adalah 1.067 milimeter, dan ke depan untuk mengikuti standar lebar rel dunia jaraknya akan diperlebar menjadi 1.435 milimeter. Jarak yang disesuaikan itu juga dapat mempermudah pengadaan kereta.  

Beroperasi Maret 2021, LRT Jabodebek Tahap I Rampung 58 Persen

"Pertimbangannya itu karena dari pemerintah menginginkan karena populasi kereta di dunia umumnya jarak jalurnya segitu," jelas Budi, dalam keterangan resminya yang diterima VIVA.co.id, Minggu 21 Agustus 2016. 

Dia menuturkan, pelebaran rel LRT yang dilakukan perseroan tentunya akan berdampak sistematis pada penambahan biaya pembangunan. Penambahan biaya tersebut tidak signifikan sehingga bisa dipastikan perseroan tidak akan alami kerugian.

Agustus, Warga DKI Sudah Dapat Menikmati LRT

Perlu diketahui, saat ini Adhi Karya telah membangun proyek LRT dalam dua tahap, yaitu pada tahap satu di koridor Cawang-Cibubur sepanjang 14,3 kilometer, Cawang-Dukuh Atas 10,5 kilometer dan Cawang-Bekasi Timur 18,3 kilometer.

Sedangkan di tahap kedua pembangunan meliputi, koridor Dukuh Atas-Palmerah-Senayan 7,8 kilometer, Cibubur-Bogor 25 kilometer, dan Palmerah-Grogol 5,7 kilometer.

Bursa Efek Indonesia / BEI atau Indonesia Stock Exchange / IDX

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Anak usaha Adhi Karya atau Adhi Commuter Properti akan IPO dengan melepas maksimal 28,6 persen sahamnya.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2021