Underpass Pertama di Surabaya Akan Dibangun

Underpass Dewa Ruci Denpasar Bali
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Direktorat Jenderal Bina Marga akan membangun underpass pertama di Surabaya, Jawa Timur tepatnya di Jalan Ahmad Yani pada 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Dengan dibangunnya underpass tersebut maka kemacetan yang sering terjadi di Bundaran Dolog akibat crossing kendaraan yang melaju dari arah Sidoarjo menuju Jalan Jemursari, dapat terurai.

Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan BBPJN VIII, Yudi Widargo mengatakan, awalnya BBPJN VIII berencana membangun flyover sebagai upaya untuk mengurai kemacetan di Bundaran Dolog, namun setelah dilakukan evaluasi diputuskan untuk dibangun underpass.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Review design underpass telah dilaksanakan sebanyak dua kali dan nilai proyek juga sudah dihitung. Pada desain sebelumnya, anggaran untuk underpass mencapai Rp350 miliar tapi setelah dihitung ulang, anggaran bisa ditekan menjadi Rp273 milar,” ujarnya dikutip dari laman Kementerian PU, Senin 22 Agustus 2016.

Proyek yang akan didanai APBN ini telah masuk dalam rencana program 2017, dan ditargetkan pada pertengahan 2017 pekerjaan konstruksi sudah dimulai. “Mudah-mudahan tidak terganggu karena adanya pemotongan anggaran,” ujar Yudi.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Ia menerangkan, panjang underpass tersebut mencapai 860 meter dengan kedalaman delapan meter dan terdiri dari dua jalur. Pengerjaannya diperkirakan memakan waktu hingga 30 bulan atau sekitar 2,5 tahun.

“Pembangunan underpass dimulai dari seberang kantor Dinas Kesehatan Jatim (Jawa Timur) atau sebelum traffic light ke arah Jalan Jemursari keluar di depan ruko depan frontage road Jalan Ahmad Yani.”

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya