KKP Dorong Industri Perikanan di Wilayah Eksplorasi Migas

MoU Industri Perikanan antara KKP dan SKK Migas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Dalam upaya mendorong industri perikanan khususnya di wilayah eksplorasi migas, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan kelautan dan Perikanan menggandeng Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Meninggal, Dirjen KKP Aryo Berjuang Lawan Corona Selama 20 Hari

Kerja sama dua instansi tersebut dilakukan untuk memanfaatkan hasil penelitian dan inovasi industri perikanan khususnya di wilayah eksplorasi migas, yang telah dilakukan KKP. Dalam hal ini SKK Migas ikut pertemukan 300 perusahaan pelaksana Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) agar berpartisipasi disektor perikanan.

Kepala Balitbang KKP Muhammad Zulficar Mochtar mengungkapkan, pertemuan ini juga dilakukan dalam rangka membangun sinergi terkait pembangunan antara KKP dengan Corporate Social Responshibility (CSR) para pelaksana KKKS.

Menteri Edhy Sapa Nelayan di Cirebon dan Tegal

"Ini Insiatif yang dilakukan lingkup kerja SKK Migas. Ada 292 KKKS yang beroperasi di Indonesia, 47 persen berada di wilayah pesisir dan pulau terluar. Inisiatif SKK Migas ini sangat strategis, karena bergerak di bidang pengembangan ekonomi nelayan dan bagus bila disinergikan dengan inovasi dan teknologi KKP," kata Zulficar di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Senin, 22 Agustus 2016.

Dia menuturkan, pihaknya bersama KKKS juga telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam penggunaan teknologi perikanan. Kesepakatan itu diharapkan bisa mendorong pendistribusian teknologi untuk peningkatan hasil tangkap nelayan.

KPK Jerat 4 Tersangka Korupsi Proyek Kapal di Ditjen Bea Cukai dan KKP

"Kami sudah tandatangan MoU. Nantinya produk teknologi perikanan diharapkan kami distribusikan kepada KKKS sehingga kalau relevan bisa diadopsi untuk diimplementasikan. Kami harap ini akan memberikan manfaat signifikan bagi upaya CSR di KKKS di berbagai lokasi," kata Zulficar.

Ia menambahkan, pihaknya menargetkan program tersebut akan mulai berjalan pada tahun ini. Di samping itu, pihaknya akan terus merumuskan beberapa langkah strategis dan kesepahaman terhadap area spesifik kerja.

"Kita tidak akan langsung ambisius, kami akan bekerja realistis dengan saling bersinergi. Akan jadi barometer awal kita. Harapan kita bisa dimulai tahun ini dan diagendakan hingga beberapa tahun ke depan," ujarnya

Sementara itu, Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas Muliawan Haji mengatakan, sinergi ini dilakukan karena pihaknya melihat banyak potensi yang bisa dicapai, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nelayan pesisir.

"Apa yang dikatakan KKP bahwa ini saatnya bersinergi antara industri hulu migas dengan KKP. Banyak potensi yang bisa disinergikan agar kita bisa mencapai cita-cita bersama untuk menyejahterakan nelayan. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi di KKP itu sangat kita butuhkan agar bisa bermanfaat," kata Muliawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya