Beberapa Metode Pembayaran Saat Belanja Online

Antara blog dengan belanja online.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Belanja online saat ini sudah banyak peminatnya. Bahkan bisa dibilang lebih diminati karena belanja online memiliki keunggulan tersendiri.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Selain prosesnya yang cukup mudah, produk–produk yang saat ini dijual secara online lebih lengkap dibandingkan yang ada di toko offline. Hadirnya istilah “mall Ooline” juga semakin meningkatkan minat masyarakat kita terhadap belanja online.

Belanja semakin seru dengan aplikasi android belanja online dari beberapa online shop (olshop) yang membuat penggunannya bisa berbelanja dengan smartphone-nya.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Tren belanja online tidak hanya sebatas membeli saja, namun kini kita bisa juga menjual produk karya kita di toko online tersebut. Produk usaha kecil menengah juga mulai meramaikan beberapa marketplace yang terkenal di Indonesia.

Pilihan belanja masyarakat kita tentunya lebih beragam lagi. Mudahnya berbelanja di online shop, ternyata membuat beberapa orang masih merasa bingung dengan metode pembayaran yang perlu mereka lakukan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Hal ini cukup penting, karena transaksi yang dilakukan adalah menggunakan uang digital. Bentuknya tentu bukan seperti uang kertas atau logam, namun lebih berbentuk kartu debit, kredit atau juga e-money.

Metode pembayaran apa saja yang biasanya ditawarkan olshop yang populer saat ini, berikut ini ada beberapa metodenya yang wajib anda ketahui:

1. Metode transfer bank

Setelah memilih produk yang akan dibeli, langkah selanjutnya dari belanja online anda adalah melakukan pembayaran. Metode transfer bank ini adalah salah satu cara bayar yang paling umum dan ditawarkan hampir semua olshop yang ada.

Caranya juga mudah, anda hanya perlu mencatat nomor rekening perusahaan atau toko online terkait. Jika anda ingin melakukan transfer ke Bank tertentu, maka pilih nomor rekening toko online yang juga memiliki akun di bank tersebut. Cukup pergi ke ATM, lakukan transfer dan jangan lupa bukti bayarnya dikirimkan kepada pihak penjual.

Baca Juga: Pilih Asuransi atau Investasi? Baca Dulu Ini!

2. Metode Western Union

Metode ini juga bisa digunakan sebagai cara yang cukup mudah untuk transaksi online anda, terutama bagi anda yang tidak memiliki rekening bank. Western union dapat ditemui di beberapa tempat seperti kantor pos, kantor pegadaian, supermarket, bank  dan juga bisa mendatangi kantor perwakilan western union di daerah anda.

3. Metode paypall

Metode ini juga cukup sering dijadikan pilihan sebagai transaksi yang dianggap mudah saat belanja online. Bisanya metode pembayaran ini akan ditawarkan oleh olshop atau marketplace yang menjual produk-produk digital.

Tidak hanya itu, anda bisa juga melakukan belanja online di marketplace asing, karena metode  paypall ini hanya memerlukan alamat email anda. Jika ingin menggunakan paypall, silahkan terlebih dulu untuk membuat akun paypall-nya dan sebuah kartu kredit atas nama anda.

Baca Juga: Cara Memiliki Mobil Baru dengan Cara Kredit

4. Metode Skrill

Mungkin metode skrill ini cukup asing di telinga kita, padahal metode pembayaran ini cukup sering digunakan oleh orang-orang yang melakukan pembayaran hosting di luar negeri. Mungkin hampir sama seperti paypall, hanya kebanyakan digunakan untuk transaksi produk IT.

5. Metode kartu debit dan kredit

Cara ini bisa dipilih jika anda memiliki kartu debit atau kartu kredit yang berlogo Visa, MasterCard dan sejenisnya. Jika menggunakan kartu kredit, mungkin tidak terlalu rumit, tinggal masukan saja tiga digit nomor yang tertera pada bagian kartu kredit anda, belanja online-pun sudah bisa dilakukan.

Untuk kartu debit card seperti Payoneer maka kartu tersebut dapat digunakan untuk belanja online, asalkan saldonya mencukupi.

6. Metode Wesel Pos
 

Cara ini mirip dengan western union, cukup datang ke kantor pos dan jangan lupa untuk membawa beberapa hal terkait belanja online anda, seperti nomor orderan atau nomor resi belanja online.

Baca Juga: Ada Samsat Online, Bayar Pajak Motor Semakin Mudah

7. Metode transfer pulsa

Sekarang ini, salah satu usaha online yang cukup populer adalah menjual jasa followers dan juga Like untuk sosial media, seperti Instagram dan Twitter. Beberapa usaha online ini biasanya menawarkan metode membayar dengan pulsa untuk pembelian produknya.

Misalnya untuk pembelian penambah followers Twitter seharga Rp50 ribu, maka Anda cukup mengirimi pulsa ke nomor si penjual jasa tersebut sejumlah Rp50 ribu, maka otomatis followers Instagram atau Twitter Anda sudah berubah dan bertambah.

Belanja Online di Toko Online Yang Terpercaya

Jika ingin berbelanja online, pastikan bahwa toko online yang anda pilih ini adalah olshop yang memiliki reputasi baik, dan konsumenya juga jarang memberikan keluhan. Biasanya toko online yang baik akan mudah dikenal oleh para konsumennya di seluruh dunia.

Pastikan metode pembayaran yang ditawarkannya jelas, serta websitenya memiliki kode  verification yang resmi. Dengan begitu belanja online lebih nyaman dan terjamin.

Baca Juga: Cara Pembayaran Listrik Online

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya