Pemerintah Tak Masalah Proyek Listrik 35 Ribu MW Meleset

Ilustrasi instalasi listrik
Sumber :

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan proyek pembangunan pembangkit listrik sebesar 35 ribu megawatt akan selesai dalam waktu lima tahun, atau 2019 mendatang.

PLN Janji Bangun Pembangkit EBT Usai Proyek 35 Ribu MW Selesai

Lelang dan perjanjian jual-beli listrik Power Purchase Agreement (PPA), sudah dimulai pada 2015 lalu. Hingga Juli 2016 lalu, dari total 35 ribu Megawatt (MW) yang ditargetkan selesai di 2019, baru ada 195 MW yang mampu mengalirkan listrik.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku pesimistis bahwa target tersebut akan tercapai pada 2019 mendatang. Meski demikian, dia tak masalah jika target tersebut tidak tercapai.

Terimbas COVID-19, Proyek Pembangkit Listrik 2020 Cuma 55 Persen

"Soal pembangkit listrik, tadi kita lihat paparan Dirut PLN, kelihatannya ada kemajuan. Tapi tak mungkinlah, 35 ribu itu selesai tahun 2019," ujar Luhut di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 23 Agustus 2016.

Meski demikian, kata Luhut, terpenting pembangkit listrik yang sudah selesai bisa beroperasi, atau Commercial Operation Date (COD).

Kualitas SDM Hambat Proyek 35 Ribu Megawatt, Peran Swasta Dibutuhkan

"Paling penting, dari 35 ribu megawatt itu, berapa sih yang nanti bisa selesai 2019? Maksudnya sudah COD 2019. Lalu, berapa yang masih under construction? Proyek yang sudah groundbreaking, under construction itu harus (selesai) semua pada 2019," ujar Luhut.

Jika sampai dengan tahun 2019, baru 20 ribu -25 ribu MW yang terealisasi, menurut Luhut itu adalah pencapaian yang luar biasa, tetapi lagi-lagi harus dengan catatan sudah COD.

"Karena kalau sya pikir-pikir, dapat 20 ribu-25 ribu juga sudah bagus banget, itu yang COD ya. Sisanya, atau lainnya yang 10 ribu-nya lagi under construction," kata Luhut.

Ditanya perkiraan, berapa ribu megawatt proyek pembangkit listrik yang bisa diselesaikan pada 2019 mendatang. Luhut belum bisa menjawab, sebab dia belum tahu secara detail progres proyek tersebut.

"Kita belum tahu, mungkin minggu depan saya minta mereka (PLN) sebutkan angkanya. Kira-kira besarnya berapa. Jadi, nanti ya kita bisa tahu persislah kira-kira angkanya," tutur Pelaksana Tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu.

Untuk diketahui, proyek pembangkit listrik 35 ribu MW, dikerjakan oleh PLN dan swasta. Rinciannya 9.600 MW dikerjakan oleh PLN, sedangkan 27 ribu MW dikerjakan oleh pihak swasta. Sehingga, secara total proyek listrik ini akan selesai dengan total daya 36.600 MW.

PLN juga tidak hanya ditugaskan untuk merealisasikan proyek 35 ribu MW, perusahaan pelat merah ini juga ditugaskan untuk membangun transmisi sepanjang 46 ribu kilometer (km) circuit dan gardu induk sebesar 108.000 Mega Volt Ampere (MVA).

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya