Sikap Iran Dongkrak Harga Minyak Dunia

Ladang minyak
Sumber :

VIVA.co.id – Harga minyak dunia naik hampir satu persen pada perdagangan Selasa 23 Agustus 2016, setelah Iran memberikan sinyal positif akan mendukung aksi bersama untuk mengintervensi pasar minyak. 

Harga Minyak Dunia Sempat Tembus Rekor US$130 per Barel

Dilansir CNBC, Rabu 24 Agustus 2016, harga minyak naik 46 sen atau 0,96 persen di US$49,63 per barel setelah menyentuh level tertinggi harian di US$51,2 per barel. 

Sedangkan harga minyak Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI), naik 0,74 persen di US$47,76 per barel. Harga minyak WTI memecahkan rekor tujuh hari pada sesi awal perdagangan dengan melonjak 1,46 persen di US$48,1 per barel.    

Harga Minyak WTI Tembus US$116,5 per Barel, Level Tertinggi Sejak 2008

Menurut sumber di dalam OPEC, organisasi eksportir minyak, Iran sudah mencapai kesepahaman dengan para negara-negara anggota lainnya, termasuk non anggota Rusia, untuk menstabilkan pasar minyak. Produksi minyak dunia semakin melimpah setelah Barat mengangkat sanksi ekspor minyak Iran.   

Meski begitu masih belum jelas apakah Iran akan memutuskan bergabung dalam upaya untuk memangkas produksi minyak dunia. 

Rusia Serang Ukraina, Harga Minyak Dunia Tembus US$100 per Barel

Rusia sudah bersiap untuk menghentikan sementara produksi minyaknya. Namun Moscow ingin melihat kesepakatan internal di dalam OPEC sebelum bergabung sebuah inisiatif. 

Forum Energi Internasional, yaitu pertemuan kelompok produser dan konsumen minyak, akan dilaksanakan pada 26-28 September di Algeria. Iran mengonfirmasi akan berpatisipasi dalam pertemuan tersebut. 

Ladang minyak/Ilustrasi.

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Harga minyak jatuh lebih dari lima persen ke level terendah dalam hampir dua minggu pada akhir perdagangan Senin.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022