Dukung Infrastruktur, Mandiri Terbitkan Obligasi Rp5 Triliun

Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA.co.id – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan menerbitkan obligasi berkelanjutan I tahap I, dengan target indikatif Rp5 triliun sebagai bagian dari upaya diversifikasi dan perbaikan struktur pendanaan bank dalam jangka panjang.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Secara keseluruhan, rencana penerbitan obligasi berkelanjutan I adalah sebesar Rp14 triliun yang dilakukan dalam waktu 2016-2018 mendatang.

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, penerbitan obligasi ini juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pendanaan dalam mendukung ketersediaan infrastruktur nasional.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

“Sebagai bank BUMN (badan usaha milik negara), Bank Mandiri memiliki komitmen kuat untuk membantu pemerintah membangun proyek-proyek infrastruktur strategis jangka panjang seperti yang telah digariskan dalam program Nawacita Kabinet Kerja," kata dia di Kantornya, Rabu 24 Agustus 2016.

Kartika menjelaskan, penerbitan obligasi berkelanjutan ini akan mendukung Bank Mandiri untuk dapat memberikan pembiayaan jangka panjang lima hingga 10 tahun sesuai dengan kebutuhan pembiayaan infrastuktur dan perumahan yang lebih panjang

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Finance & Treasury Bank Mandiri, Pahala N. Mansury mengatakan, sebagian dari hasil penerbitan obligasi tersebut, juga akan digunakan untuk membiayai pembayaran obligasi sub ordinasi perseroan yang jatuh tempo pada 11 Desember 2016.

“Obligasi Berkelanjutan I Tahap I ini akan diterbitkan dalam tiga seri, yakni Seri A dengan tenor 5 tahun dengan kisaran kupon 7,75 persen - 8,25 persen, Seri B 7 tahun dengan kisaran kupon 8,15 persen - 8,65 persen, dan seri C bertenor 10 tahun dengan kisaran kupon 8,40 persen - 8,90 persen,” tuturnya.

Dalam memuluskan aksi tersebut, perseroan telah menunjuk empat perusahaan penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Bahana Securities, dan Trimegah Sekuritas Indonesia.

Rencananya, penawaran awal Obligasi Berkelanjutan I tahap I ini akan dimulai pada 24 Agustus hingga 7 September 2016, dengan penawaran umum diperkirakan pada 23-27 September 2016, dan diperkirakan tanggal efektif pada 21 September 2016. Sedangkan penjatahan, direncanakan pada 28 September 2016. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya