OJK Berharap Masyarakat Terbiasa Dengan Transaksi Non-tunai

Ilustrasi transaksi pembayaran melalui berbagai sistem Anjungan Tunai Mandiri atau debit, uang elektronik, sampai dengan kartu kredit.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dalam peningkatan literasi keuangan masyarakat dengan mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Pemprov DKI Jakarta.

Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Pamer Layanan Mandiri Contactless

Kegiatan pengukuhan ini sekaligus peresmian implementasi sejumlah program kerja TPKAD DKI Jakarta, yaitu Gerakan Rusun Menabung, Pemberdayaan PKL melalui kredit UMKM, dan laku pandai.

Pengukuhan TPKAD DKI Jakarta dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Rusun Pesakih, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2016.

Tarif QRIS Harus Ditunda, Gus Imin: UMKM Baru Bangkit

Muliaman dalam sambutannya mengatakan, peningkatan akses masyarakat terhadap layanan keuangan diharapkan mampu mendorong peningkatan pendapatan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah, dan pada akhirnya menurunkan angka tingkat kesenjangan sosial.

Dalam konteks Indonesia, termasuk DKI Jakarta, angka gini ratio dan jumlah penduduk yang belum memiliki akses keuangan formal relatif cukup besar. Ketersediaan akses keuangan di daerah akan membuat masyarakat lebih mudah dalam mengenal dan mengakses produk dan layanan jasa keuangan.

Keseruan Bertransaksi Non Tunai Menggunakan QRIS BNI Mobile Banking di BNI Java Jazz Festival 2023

"Program percepatan akses keuangan di daerah perlu menjadi prioritas bagi seluruh pemangku kepentingan," kata dia.

Di tempat yang sama, Ahok, sapaan Basuki berharap seluruh jajaran SKPD mendukung penuh setiap program kerja dari TPAKD.

"Dengan tersedianya akses yang luas terhadap jasa keuangan, diharapkan masyarakat akan semakin familiar terhadap transaksi non-tunai, sehingga mewujudkan cashless society," ujarnya.

TPKAD merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder yang bertujuan untuk meningkatkan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Keanggotaan TPKAD diketuai oleh Sekda DKI Jakarta Saefullah, Kantor Regional 1 OJK, Kantor Perwakilan BI Jakarta, BPS Jakarta, dan asosiasi Lembaga Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya