Usaha Pangkas Rambut Modern Hanya Bermodal Dua Jutaan

Perawatan di salon kecantikan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Memiliki sebuah usaha, bisa dikatakan tidak terlalu mudah, namun juga tidak terlalu sulit. Biasanya hal ini terjadi, karena adanya kendala modal untuk memulai usaha.

Kembangkan Bisnis Petani, Pria Ini Ubah Kopi Jadi Karya Seni

Semakin maraknya orang yang memulai usaha saat ini, membuka peluang besar untuk kita juga memulai usaha tanpa harus memikirkan masalah modal. Ada banyak bantuan pendanaan diberikan, baik dari lembaga resmi maupun swasta, kepada usahawan pemula. Namun, dengan beberapa syarat khusus.

Jika Anda merasa memiliki sedikit uang untuk dijadikan modal usaha, ini juga bisa membuka peluang untuk usaha yang akan didirikan. Ada beberapa jenis usaha yang membutuhkan dana tidak terlalu besar, seperti usaha makanan kecil.

Kisah Srikandi RI yang Sukses Kelola Bisnis Budidaya Udang

Ada juga usaha waralaba yang modal awalnya tidak terlalu besar. Satu lagi usaha yang cukup digemari hingga saat ini, dan merupakan usaha yang “kekinian”.

Salah satunya adalah usaha pangkas rambut modern, yang juga tidak terlalu membutuhkan modal besar. Mengapa usaha pangkas rambut dikatakan tidak membutuhkan modal yang besar, berikut ulasannya:

Beri Pinjaman Rp50 Miliar, eFishery Bantu Petani Lewati COVID-19

Berbagi modal untuk usaha dengan kerabat

Usaha pangkas rambut modern, sebenarnya bisa dicabangkan lagi menjadi bentuk usaha lainya, seperti usaha menjual Pomade untuk style rambut, juga usaha kafe kecil yang ada di sekitar tempat pangkas rambut modern ini.

Jadi, saat pelanggan datang untuk memangkas rambutnya, ia tidak hanya sekedar memangkas rambut saja, tetapi juga bisa membeli Pomade dan nongkrong di kafe tersebut, seperti konsep usaha three in one. Ajak teman, atau saudara yang mungkin memiliki minat usaha yang sama, jadikan satu area tersebut sebagai tempat usaha kalian, sehingga modalnya bisa dibagi-bagi.

Baca Juga: Modal Nikah Kurang? Pakai KTA Saja!

Alat–alat pangkas rambut tidak terlalu mahal

Sebelum memulai usaha ini, anda bisa melakukan survei terlebih dulu mengenai berapa harga peralatan pangkas rambut. Sebagai informasi, harga alat pangkas rambut lengkap kabarnya berkisar dari Rp1-2 jutaan.

Dengan modal segitu, Anda sudah bisa memulai usaha pangkas rambut modern. Karena, konsepnya lebih “kekinian”, jangan lupa untuk selalu mengetahui tren rambut masa kini sebagai referensi calon konsumen Anda.

Baca Juga: Ketahui Tipe dan Cara Menghitung Bunga Tabungan

Tidak harus memerlukan tempat khusus

Saat ingin menjalankan usaha pangkas rambut, namun modalnya masih pas-pas an, Anda tidak harus memaksakan untuk menyewa ruangan, atau bangunan khusus untuk tempatnya. Cara lain yang bisa dijadikan alternatif, adalah kita bisa membuka usaha pangkas rambut modern keliling.

Carilah pelanggan sebanyak-banyaknya, datangi kantor, dan perusahaan, atau tempat tertentu yang merupakan target dari usaha Anda. Siapa tahu, jika pelanggannya sudah banyak, ke depannya bisa dibuat rencana untuk membuka pangkas rambut modern di dalam bangunan khusus. Cara ini, tentu tidak terlalu memerlukan banyak dana.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Baru yang Belum Banyak Diketahui

Memanfaatkan tempat di rumah untuk dijadikan ruangan pangkas rambut

Jika bujet untuk memulai usaha pangkas rambut modern ini berkisar dari Rp1-2 juta saja, dan bujet ini lebih diutamakan untuk membeli peralatan pangkas rambutnya, Anda bisa memanfaatkan ruangan di rumah yang mungkin tidak terpakai untuk dijadikan ruangan khusus pangkas rambut.

Hanya perlu melakukan dekorasi yang berkaitan dengan usaha pangkas rambut modern, dan sedikit dirapikan, ruangan tersebut sudah bisa digunakan untuk usaha pangkas rambut modern anda.

Ciptakan konsep yang menarik

Kebanyakan dari usaha pangkas rambut modern saat ini, rata-rata memiliki konsep yang menarik, baik itu dari segi promosinya, atau juga dari dekorasi tempat dan peralatan alat pangkas rambut itu sendiri. Lengkapi usaha pangkas rambut modern ini dengan hal yang berkaitan, seperti Pomed rambut dan banyak gaya rambut.

Semakin menarik konsep yang ditawarkan, pelanggan akan tertarik dan segera mendatangi tempat usaha Anda.

Baca Juga: Hidup di Jakarta dengan 2 Juta Rupiah, Apa Bisa?

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya