Rahasia Orang Sukses yang Jarang Anda Ketahui

Ilustrasi orang kaya.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Orang-orang sukses memiliki sifat yang hampir mirip satu sama lain. Steve Jobs dan Mark Zuckerberg misalnya, dua orang miliarder dunia ini dikenal hidup cukup sederhana. Mereka bahkan memilih menggunakan pakaian seragam hampir setiap saat. 

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

Meski demikian, sifat orang-orang sukses tersebut ternyata sangat sulit dilakukan. Tidak heran jika banyak pewaris miliarder dunia gagal mempertahankan kekayaan orang tuanya karena mereka tidak punya sifat tersebut. Mau tahu sifat apa saja yang dimaksud? Baca tuntas artikel berikut ini

1. Empati

Sederet Nama Konglomerat Tajir, Pemilik Hotel Mewah di Indonesia

Anda mungkin bisa berbangga bahwa Anda adalah orang paling disiplin, cerdas dan pekerja keras. Namun, tanpa empati, tidak akan bisa menjadi orang sukses. Empati atau kemampuan untuk peka terhadap perasaaan orang lain sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. 

Anda bisa saja punya produk yang sangat berkualitas. Namun bila tidak jujur dalam menjual barang tersebut atau tidak melakukan layanan yang baik, niscaya konsumen akan beralih begitu menemukan kompetitor yang menawarkan apa yang Anda tidak punya yakni empati. 

Istri Terkaya di Asia, Nita Ambani Pakai Kalung Rp950 M di Pesta Anaknya

Bila Anda seorang bos di sebuah perusahaan, empati akan membuat karyawan Anda merasa lebih memiliki perusahaan dan memicu kinerja serta produktivitasnya. 

Baca juga: Hati-hati, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Kaya

2. Konsistensi

Konsistensi adalah sifat yang sangat langka. Banyak orang berbakat tidak bisa mencapai puncak karier karena tidak konsisten menampilkan yang terbaik dalam pekerjaan. Para pekerja keras pun cenderung melambat ketika mereka merasa sudah mencapai puncak karier. 

Mereka merasa sudah menyelesaikan ujian terberat. Padahal, menjaga puncak performa adalah ujian sesungguhnya. Sebab, dibutuhkan kerja lebih keras untuk menjaga performa tersebut.

3. Mendengar orang lain

Orang-orang sukses adalah pendengar yang terbaik. Mereka yang lebih sering berbicara daripada mendengar tidak akan pernah mengetahui apa yang orang inginkan. 

Padahal, dalam dunia bisnis modern, Anda harus mengetahui keinginan konsumen sebelum bisa menciptakan produk yang terbaik. Seunik apapun produk yang Anda jual tidak akan diterima pasar jika tidak diinginkan konsumen. 

Hal ini juga berlaku di dunia kerja. Bila Anda seorang atasan, cobalah untuk memperbanyak waktu diskusi dengan bawahan. Dengarkan masukan mereka tentang bagaimana ide meningkatkan produktivitas. 

Baca juga: Orang-orang Ini Kehilangan Pekerjaan tapi Justru Merayakannya dengan Gembira

4. Berkomunikasi dengan baik

Tidak kurang dari seorang investor kelas kakap asal Amerika Serikat Warren Buffet mengakui bahwa dulu dia sangat tidak percaya diri saat berbicara di depan umum. Kemampuannya untuk melakukan presentasi sangat buruk sehingga dia mengatur setiap aktivitasnya untuk menghindar dari kewajiban berbicara di depan umum. 

Karena merasa keahlian tersebut sangat sulit dipelajari sendiri, Warren Buffet mengambil kursus pidato dan berlatih ratusan kali berbicara di depan teman kursusnya. Anda tidak dapat bertahan menjadi pemilik sebuah perusahaan investasi besar tanpa bisa bicara did depan umum.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya