Pertamina Beli Saham Perusahaan Migas Prancis

Gedung Pertamina Lapangan Banteng.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Anak perusahaan PT Pertamina, PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) membeli seluruh saham yang dipegang Pacifico di Maurel et Prom, perusahaan yang berbasis di Prancis dan memiliki aset produksi migas di Gabon, Tanzania, dan Nigeria.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Dikutip dari siaran persnya di Jakarta, Jumat 26 Agustus 2016, Pertamina membeli hampir 48 juta saham atau 24,53 persen saham Maurel et Prom bernilai 201,2 juta euro atau Rp30,18 triliun (kurs Rp15.000). Pembelian saham perusahaan yang terdaftar di bursa saham Prancis, Euronext Paris, itu diumumkan di Paris pada Kamis 25 Agustus 2016.

Usai penjualan saham ini, jajaran dewan direksi Maurel et Prom menunjuk Denie S Tampubolon mewakili Pertamina sebagai direktur baru di perusahaan tersebut. Denie menggantikan direktur Maurel & Prom sebelumnya, Emmanuel de Marion de Glatigny, yang mengundurkan.

Airlangga Minta Industri Migas Maksimalkan Teknologi Hijau

"Maurel et Prom akan melanjutkan kegiatan operasional, di saat bersamaan berfungsi sebagai perpanjangan tangan Pertamina dan PIEP dalam mengimplimentasikan strategi mereka untuk pertumbuhan hulu migas internasional," demikian pernyataan siaran pers Pertamina.

Sebagai informasi, Maurel et Prom memiliki aset cadangan migas sebanyak 205 juta barel dari negara produksinya, yaitu Gabon, Tanzania, dan Nigeria.

Intip Strategi SKK Migas Kejar Produksi Minyak 1 Juta BOPD pada 2030

(ren)

Industri hulu migas (ilustrasi)

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

IDSurvey sebagai Holding BUMN Jasa Survei turut serta dalam pameran Forum Kapasitas Nasional III 2023. Diharapkan bisa mendukung industri migas nasional.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023