Gubernur BI: Industri Kreatif Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Mufidah Kalla saat meninjau pameran UMKM
Sumber :
  • Raudhatul Zanah

VIVA.co.id – Bank Indonesia menggelar pameran bertajuk Karya Kreatif Indonesia, dalam rangka mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia di Balai Kartini, Jakarta, mulai hari ini, 26-27 Agustus 2016, dibuka untuk umum.

Dwidayatour Dukung Gekrafs dengan Fasilitas Perjalanan, Wujudkan Agenda Kreatif

Pameran beragam produk, mulai dari batik, kain tenun, makanan khas daerah, dan kerajinan. Bahkan, ditampilkan juga proses membatik dan menenun.

Adapun peserta pameran, juga merupakan beberapa UMKM binaan bank sentral. BI rutin melakukan pelatihan teknis, mulai dari pelaporan keuangan hingga peningkatan keahlian, melalui 45 kantor perwakilan di seluruh Indonesia.

Industri Kreatif Terancam Pasal Tembakau di RPP Kesehatan, Kemenparekraf Panggil Pelaku Usaha

Gubernur BI Agus Martowardojo dalam sambutannya mengatakan, pameran diselenggarakan untuk mendorong penciptaan kegiatan ekonomi baru di Indonesia. Pameran juga merupakan wujud konkret pembangunan UMKM BI, yang bertujuan untuk melestarikan cinta budaya daerah di Tanah Air.

"Pameran ini sebagai wujud konkret pengembangan UMKM BI yang bertujuan untuk mendorong penciptaan pengembangan kegiatan ekonomi baru. Ini juga dilakukan untuk melestarikan cinta budaya daerah," kata Agus.

Maxstream Angkat Kisah Nyata Tragis Wanita yang Jadi Ratu Krimimal

Lanjut Agus, BI juga mendapat arahan dari Kementerian Koperasi dan UKM, serta Badan Ekonomi Kreatif, guna mengembangkan UMKM di berbagai daerah di Indonesia. Di mana, pengembangan sektor ekonomi baru tengah menjadi fokus utama pemerintah.

"Pengembangan industri kreatif diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pelambatan ekonomi global," kata Agus. (asp)

Peluncuran platform komik digital, comicone.id

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Comicone.id merupakan platform komik digital yang telah secara resmi diluncurkan pada Jumat, 1 Maret 2024. Kemenparekraf dukung penuh inovasi terbaru ini.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024