Dirjen Pajak Deg-degan Soal Tax Amnesty, Kenapa Demikian?

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi.
Sumber :
  • Chandra GA/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan adanya kekurangan penerimaan pajak (shortfall) dalam pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2016 mencapai Rp219 miliar. Proyeksi tersebut sudah menghitung penerimaan dari program pengampunan pajak.

IHSG Dibuka Menguat, Cek Saham-saham Pilihan Hari Ini

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi, saat berbincang dengan VIVA.co.id beberapa waktu yang lalu mengaku tetap optimistis program pengampunan pajak mampu terakselerasi dengan baik. Meskipun disisi lain, ia mengakui memang ada perasaan khawatir efektifitas dari program tersebut.

“Makanya saya tetap optimistis, meskipun sedikit deg-deg an,” tutur Ken, ditulis Jumat 26 Agustus 2016.

Jawab Mahfud MD, TKN Optimis Rasio Penerimaan Negara Naik Hingga 23 Persen

Optimisme tersebut, melihat dari uang tebusan tax amnesty pada Kamis 25 Agustus 2016 yang mampu menembus angka Rp260 miliar per hari. Jumlah ini jauh lebih meningkat dari angka pertumbuhan rata-rata per harian uang tebusan yang masuk ke otoritas pajak.

Berdasarkan data DJP pada tanggal 24 Agustus 2016 pukul 21.00 WIB, rata-rata uang tebusan harian tumbuh dari Rp8,5 miliar di bulan Juli - 10 hari kerja -, menjadi Rp18,8 miliar pada minggu awal bulan Agustus. Ken pun menjamin, angka itu akan bertambah pada hingga periode pertama tax amnesty berakhir di September.

Pemerintah Kantongi Penerimaan Pajak Rp 1.387 Triliun hingga September 2023

(ren)

Monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 18 poin atau 0,25 persen di level 7.291 pada pembukaan perdagangan Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024