Pemerintah Klaim Paket Ekonomi XIII Bikin Rumah Makin Murah

Perumahan rakyat
Sumber :
  • kemenpera.go.id

VIVA.co.id – Menteri Perekonomian Darmin Nasution optimistis, dampak paket kebijakan ekonomi ke XIII pasti akan berpengaruh pada harga rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dengan pemangkasan perizinan dan aturan diharapkan akan membuat harga rumah dapat lebih terjangkau.

Menerawang Efektivitas Perpanjangan Insentif PPN DTP Sektor Perumahan

Namun, Darmin menjelaskan, mengenai harga rumah tetap mengacu pada beberapa faktor, pertama dilihat dari lokasi atau letak rumah, apakah di dalam kota atau di pinggir kota.

"Pasti berpengaruh. Tapi kalau anda tanya berapa, itu ada dua hal untuk menghitung berapanya. Pertama, rumah itu tergantung lokasinya di mana. Lokasi di pinggir kota dengan di luar kota itu beda," kata Darmin saat ditemui di Jakarta, Jumat, 26 Agustus 2016.

Dijual hingga Rp15 Miliaran, 486 Unit di Cluster Ini Laku dalam 2 Hari

Darmin melanjutkan, pemangkasan perizinan diharapkan dapat berpengaruh pada perhitungan biaya proses kepengurusan izin. Sehingga akan membantu menekan biaya pembangunan rumah.

"Kedua, bagaimana menghitung jumlah hari yang terpotong dari yang 900 menjadi 44 hari. Itu yang tidak mudah, tetapi dampaknya pasti besar," tuturnya.

Pandemi Bakal Berakhir, Intip Prediksi Colliers di Sektor Properti RI

Seperti diketahui, dalam kebijakan tersebut, memangkas berbagai perizinan dan rekomendasi yang diperlukan bagi para pengembang untuk membangun perumahan.

Sebanyak 33 perizinan dan tahapan pembangunan dipangkas menjadi 11 perizinan dalam paket kebijakan itu. Dengan demikian, waktu penyelesaian proses perizinan terpangkas pula dari rata-rata proses 769-981 hari dapat dipercepat menjadi 44 hari. (ase)

PropertyGuru.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

PropertyGuru merupakan perusahaan property technologi yang diketahui induk dari situs pencarian Rumah.com.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2022