Sri Mulyani Dukung Jim Yong Kim Tetap di Bank Dunia

Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri

VIVA.co.id – Indonesia menyatakan dukungan pencalonan kembali Jim Yong Kim sebagai Presiden Bank Dunia untuk periode lima tahun kedua (2017-2022). Dukungan ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati setelah melihat prestasi yang dicapai oleh Kim selama periode pertama kepemimpinannya di Bank Dunia sejak tahun 2012.

Waspadai Dampak Ekonomi Politik atas Serangan Iran ke Israel

Di bawah kepemimpinan Dr. Kim, Bank Dunia dipandang mampu menjawab tantangan pembangunan ekonomi di negara-negara anggota. Kim dinilai mampu membawa Bank Dunia menjadi lebih dekat kepada negara berkembang, dan mendorong program-program Bank Dunia yang mencerminkan kepentingan negara berkembang dalam bidang pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, kesejahteraan sosial, dan kesetaraan gender. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaannya atas upaya dan usaha Bank Dunia untuk membantu negara anggota mencapai tujuan pembangunannya. 

7 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2050, Peringkat Indonesia Gak Main-main!

"Misi Bank Dunia untuk memerangi kemiskinan dan mendukung kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan sangat kritikal dalam mendukung pembangunan global, dan upaya ini mendapatkan dukungan penuh dari 189 negara anggotanya," ujar Sri dikutip dari keterangan resminya, Senin 29 Agustus 2016.

Kim juga dipandang mampu menggalang komunikasi dan kerja sama yang lebih erat dengan bank-bank pembangunan regional untuk bersama-sama memikirkan dan membantu pembangunan ekonomi di seluruh dunia. 

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

Selama di Bank Dunia, Kim telah melakukan reformasi organisasi dan tata kelola Bank Dunia agar lebih mampu menjawab tuntutan negara anggota dan perubahan tatanan perekonomian global.

Indonesia mendorong Bank Dunia di bawah kepemimpinan Jim Yong Kim untuk terus mendukung kepentingan negara berkembang. Indonesia juga berharap Kim mampu membawa Bank Dunia menjadi sebuah lembaga yang lebih baik dan lebih kuat dalam menyediakan pembiayaan pembangunan. 

"Sekaligus mampu mempromosikan pengetahuan dan kerja sama yang lebih erat dengan seluruh negara berkembang," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya