Sentimen Global Masih Bayangi Rupiah Pekan Ini

Dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) awal pekan ini diperkirakan masih dibayangi oleh sentimen global, yang cenderung lebih banyak direspons pelaku pasar dibandingkan sentimen dari dalam negeri.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, ditutupnya mata uang garuda pada perdagangan akhir pekan lalu yang menguat 30 poin atau 0,23 persen ke level Rp13.212 per dolar AS, disebabkan oleh pelemahan dolar AS yang hanya bersifat jangka pendek.

"Penguatan yang terjadi lebih disebabkan oleh pelemahan US$ yang hanya bersifat jangka pendek, rupiah berpeluang berbalik melemah apabila sentimen global cenderung lebih banyak direspon pelaku pasar dibandingkan sentimen dari dalam negeri," ujarnya kepada VIVA.co.id, Senin, 29 Agustus 2016.

Airlangga Tegaskan Tak Hanya Rupiah yang Melemah, Won hingga Bath Juga Ambruk

Reza menjelaskan, pelemahan pada laju dolar AS paska pertemuan rapat The Fed pada akhir pekan kemarin, masih memberikan sentimen positif pada laju pergerakan mata uang Asia dan beberapa mata uang global.

"Rupiah pun ikut terbantu sentimen pelemahan dolar AS sehingga dapat berbalik menguat," tuturnya.

Sri Mulyani Buka Suara soal Rupiah Tembus Rp 16.200 per Dolar AS

Pelemahan dolar AS tersebut, lanjut Reza, lebih disebabkan adanya aksi ambil untung pelaku pasar keuangan jelang pidato Janet Yellen. 

"Kami melihat, pelemahan US$ ini hanya sementara apalagi jika nantinya statement Janet Yellen cenderung Hawkish dan mampu menopang laju US$ untuk berbalik menguat," ujarnya.

Sementara, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, hari ini diperkirakan akan berada dalam rentang target batas bawah atau support di level Rp13.257 dan target batas atas atau resistance di level Rp13.210 per dolar AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya