Menteri Darmin Bantah Tax Amnesty Sasar Rakyat Kecil

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, membantah kabar kalau program pengampunan pajak atau tax amnesty, justru malah menyasar rakyat kecil. Bukan pengusaha-pengusaha yang menyimpan uang di luar negeri.

Selama Jadi Menko, Darmin Akui Sulit Koordinasi ke Menteri Pertanian

Darmin mengaku, ada pihak-pihak yang menggiring isu seperti itu. Padahal, itu tidak benar.

"Kita tahu bahwa ada yang mulai mengembangkan isu bahwa pemerintah melaksanakan tax amnesty itu jumlah lebih banyak mau mengarah ke masyarakat di dalam negeri, terutama masyarakat kecil menengah. Tidak betul itu," ujar Darmin, di Istana Negara, Jakarta, Senin 29 Agustus 2016.

Pemerintah Kesulitan Salurkan KUR sektor Produktif

Dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak, diakui Darmin memang semua pihak bisa menafsirkan. Apalagi di situ disebutkan berlaku untuk seluruh warga negara.

Namun ia menegaskan, semangat awal program pengampunan pajak ini adalah untuk menarik dana yang tersimpan dari luar negeri. Kalaupun ada yang membaca itu untuk rakyat, karena memang di UU tidak menyebut spesifik ini untuk pihak mana.

Daya Saing RI Turun, Menko Darmin: Perbaikan Negara Lain Lebih Cepat 

"Tetapi yakinlah pemerintah akan mendahulukan untuk melaksanakan tax amnesty bagi mereka-mereka yang kaya apalagi yang mempunyai uang di luar negeri," kata Darmin.

Beberapa hari belakangan, menjadi viral terutama di media sosial bahwa sasaran tax amnesty pemerintah saat ini justru lebih banyak ke masyarakat kecil. Sehingga, menjadi ramai diperbincangkan.

Eks Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

Erick Thohir Tunjuk Darmin Nasution Jadi Komut Pupuk Indonesia

Darmin menggantikan Bungaran Saragih.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2020