Persiapan Keuangan untuk Menghadapi Bencana

Ilustrasi/Bencana banjir di Bandung Selatan beebrapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA/Novrian Arbi

VIVA.co.id – Keadaan alam yang sudah tidak seimbang, mengakibatkan sering terjadinya bencana alam. Bencana bisa terjadi kapan saja dan tidak dapat ditentukan kapan terjadinya. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Bencana tidak bisa dihindari, namun masih bisa berusaha untuk dicegah. Dalam upaya pencegahan, diperlukan adanya pengaturan khusus untuk segala hal yang bisa menjamin keselamatan kita jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Salah satunya adalah mempersiapkan keuangan untuk menghadapi bencana.

Jika sudah terjadi bencana, maka kita akan menerima risiko berupa kerugian yang bisa menimpa kita dan keluarga. Oleh karena itu, tidak sedikit dari orang-orang yang sudah mempersiapkan keuangan mereka untuk menghadapi risiko bencana atau kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja. 

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Ada yang mengikuti asuransi, ada juga yang terus mengumpulkan tabungannya. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan keuangan untuk menghadapi bencana:

1. Antisipasi hal wajib

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Jika ada musibah yang kita tidak pernah tahu kapan datangnya, yang biasanya terjadi di kawasan tertentu yang memang keadaan alamnya kurang aman, saat itulah kita harus melakukan antisipasi. 

Jika saat ini Anda tinggal di sekitar pantai, bencana yang mungkin terjadi adalah tsunami atau gempa. Untuk menghindarinya, sebaiknya pindah dari lokasi tersebut ke lokasi yang lebih tinggi dan aman tentunya.

Baca juga: Malas Macet-Macetan Untuk Belanja Kebutuhan, Ini Solusinya

2. Menyiapkan dana darurat

Dana darurat sifatnya wajib dan harus Anda miliki sebagai pertolongan pertama yang bersifat “cepat” saat dibutuhkan dalam keadaan terkena bencana. Mungkin kita tidak bisa memperhitungkan dengan jelas apa saja yang diperlukan untuk keselamatan kita saat terjadi bencana. Dana darurat yang diperlukan setidaknya untuk logistik, menginap di hotel dan lain sebagainya.

Baca juga: Agar Uang Tidak Makin Habis, Lakukan Penghemat dengan Cara Berikut Ini

3. Miliki asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu yang harus dimiliki oleh kita, sebagai antisipasi dalam menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Asuransi adalah proteksi masa depan yang penuh dengan ketidakpastian. 

Jika telah terjadi bencana, biasanya hal-hal lain setelahnya cukup sering terjadi pada kita, seperti terkena penyakit tertentu yang cukup parah. Saat bencana terjadi, terkadang kita kesulitan untuk mengumpulkan uang tunai dalam jumlah banyak untuk perawatan kita di rumah sakit. Oleh karena itu adanya Asuransi kesehatan ini sangat penting. 

4. Mengatur strategi jalan keluar

Jika bencana sudah terlanjur  terjadi, dan kita masih selamat dari bencana tersebut, jangan terlalu panik dan cobalah untuk mencari jalan keluar  dari bencana tersebut. Misalnya jika saat terjadi bencana, rumah kita yang lama telah hancur, maka segera lakukan pencarian rumah baru yang sesuai dengan bujet Anda. 

Saat mencari rumah baru, usahakan kondisi alamnya lebih aman dan lebih baik dari keadaan rumah sebelumnya yang pernah terkena bencana. Dengan begitu, setidaknya Anda dan keluarga bisa menghindari bencana susulan atau sejenisnya.

Baca juga: Intip Strategi Tepat untuk Bisnis Jualan Hewan Kurban

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa, bencana bisa terjadi kapan saja. bencana bukan saja berupa bencana alam, namun bisa juga berupa sakit atau mengalami kecelakaan. 

Oleh karena itu, sebelum sesuatu terjadi pada Anda atau keluarga, usahakan sejak saat ini sudah mengikuti program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kehidupan Anda di  masa depan lebih terjamin.

Baca juga: Penjelasan dan Cara Klaim Asuransi Banjir untuk Mobil

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya