Podomoro Siapkan 37 Ribu Unit Apartemen untuk Rakyat Kecil

Agung Podomoro Land Tbk
Sumber :
  • Romys Binekasri / VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) akan mengembangkan kawasan hunian terpadu seluas 60 hektare di Cimanggis Depok, dengan menggandeng salah satu anak perusahaan PT Wijaya Karya Tbk, yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung).

Kata Menteri Basuki soal Program 3 Juta Rumah Prabowo-Gibran

Proyek bernama Proyek Podomoro Golf View (PGV) ini akan mendukung program pemerintah satu juta rumah, yang ditangani oleh anak perusahaan APLN, yaitu PT Graha Tunas Selaras (GTS). Rencananya akan membangun 24 menara dengan total 37 ribu unit.

"Proyek ini diharapkan dapat membantu mengurangi backlog, atau angka kekurangan rumah yang diperkirakan sekitar 11-14 juta unit," kata Wakil Direktur Utama APLN Indra W. Antono di Marketing Lounge Podomoro Golf View Jakarta, Rabu, 31 Agustus 2016.

Bos BTN Tegaskan Kolaborasi dengan REI Bukan Sekadar Bisnis Semata

Peta jalan untuk mencapai realisasi 37 ribu unit apartemen, pembangunan dibagi menjadi tiga tahap. Sejauh ini, tahap pertama sampai pada pemancangan yang mencapai 76 persen untuk pembangunan tiga menara, yaitu tower Balsa, tower Cordia, dan tower Bahama.

Indra mengatakan, waktu pembangunan diakumulasi selama 28 bulan untuk tiga tower dari mulai tahap desain, hingga siap huni.

JICA, BCA dan Citi Suntik BTN Rp1,4 T untuk Program Satu Juta Rumah

"Total pembangunan 28 bulan kalender (sampai 2018), termasuk desain, persiapan, mobilisasi, testing, sampai selesai (siap huni)," jelasnya.

Tiga menara tersebut memiliki nilai investasi sebesar Rp900 miliar. Hunian berkonsep rumah susun sederhana milik (rusunami), dengan target pasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), memiliki harga jual untuk tipe studio (tanpa kamar) seharga Rp198 juta, dengan angsuran Rp6,26 juta. Lalu, tipe dua kamar seharga Rp331 juta dengan angsuran Rp10,437 juta. Angsuran dapat dilakukan 1-32 kali.

"Target segmentasi untuk MBR rusunami, tetapi dengan fasilitas terintegrasi seperti di Singapura, dikelilingi lapangan golf. Rumah sehat ini sangat dibutuhkan. Regulasi yang banyak dikeluarkan (pemerintah) sangat membantu (pembangunan hunian MBR)," ucapnya.

Ini adalah proyek keempat APLN dalam menyediakan hunian untuk MBR, yaitu Kalibata, Kelapa Gading, Pluit, dan proyek keempat ini di Cimanggis. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya