Ngurus Tax Amnesty, Dirjen Pajak Kena Tifus

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi.
Sumber :
  • Chandra GA/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Keuangan bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat kembali melanjutkan agenda pembahasan pemangkasan pos belanja kas keuangan negara, serta kemajuan pelaksanaan program tax amnesty atau pengampunan pajak.

Bea Materai Rp10 Ribu Berlaku 2021, Begini Nasib Rp3 Ribu dan Rp6 Ribu

Namun, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi, selaku empunya kebijakan tersebut justru tidak hadir dalam rapat kerja kali kedua Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Komisi XI. Padahal, seluruh jajaran Menkeu hadir seluruhnya.

Ketidakhadiran Ken dalam rapat kerja kali ini pun sempat dipertanyakan oleh Anggota Komisi XI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Andreas Eddy Susetyo kepada Menkeu Sri Mulyani.

DJP Klaim Skema Baru Tax Holiday Bikin Investasi Deras Masuk

"Saya mau menanyakan soal tax amnesty. Ibu, ini Dirjen Pajak (Ken Dwijugiasteadi) dimana?," tanya Andreas dalam rapat kerja di gedung parlemem Jakarta, Rabu 31 Agustus 2016.

"Pak Ken sakit tifus," ujar seluruh jajaran Kemenkeu.

Hati-hati, Setiap Hari Ada Wajib Pajak Nakal yang Disandera

"Mudah-mudahan tidak lama ya," kata Andreas menanggapi hal itu.

Selain Menkeu, hadir dalam rapat ini diantaranya Direktur Jenderal Anggaran Askolani, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, dan Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Robert Pakpahan.

Kemudian, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo, Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto, dan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Sony Loho.

Hingga saat ini, belum dapat dikonfirmasi di mana eks Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak itu dirawat. Pantauan VIVA.co.id, Ken masih tampak sehat ketika menghadiri rapat kerja bersama Badan Anggaran semalam, 30 Agustus 2016.

Kemenkeu diminta cari jubir pajak pengganti

Anggota Komisi XI Fraksi Partai Golongan Karya Mukhammad Misbakhun mengaku kaget dengan kondisi kesehatan Ken yang menurun. Padahal semalam, Misbakhun mengaku kondisi Ken masih dalam keadaan sehat.

"Saya kaget dengan kondisi pak Ken. Semalam itu beliau masih ada sampai jam 11 malam di ILC (Indonesia Lawyers Club)," tutur Misbakhun dalam rapat kerja di gedung parlemen Jakarta, Rabu 31 Agustus 2016.

Sebelumnya, Ken ketika berbincang dengan awak media beberapa waktu yang lalu mengaku memang kondisi kesehatannya sempat menurun, lantaran jadwal kerja yang relatif padat.

Melihat kondisi tersebut, Misbakhun meminta agar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati segera mencari pengganti yang sepadan, untuk setidaknya menjadi juru bicara, agar bisa menjelaskan kemajuan dari program tax amnesty kepada masyarakat.

"Hadirnya Dirjen Pajak sangat penting untuk menjelaskan dengan spesifik. Mungkin pak Hestu (Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak) bisa menggantikan sementara. Perlu ada juru bicara," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya