Menteri PUPR Resmikan Rumah MBR di Jawa Tengah

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • Fikri Halim / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meresmikan penghunian Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kelurahan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan kunci rumah kepada dua orang calon penghuni Rusunawa.

Kata Menteri PUPR Soal Bahaya COVID-19 dan Perubahan Iklim Sama

Proyek rusunawa ini dilakukan oleh PT Riyah Permata Anugrah setelah melalui proses lelang dengan nilai kontrak Rp24,5 miliar dan pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) murni tahun pelaksanaan 2014-2015.

Rusunawa terdiri dari 149 unit dengan jumlah lima lantai per twin block. Unit hunian yang tersedia merupakan tipe 24 meter persegi yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan tidak memiliki tempat tinggal.

Emisi Karbon Sektor Bangunan Jadi Perhatian Serius Menteri PUPR

Ia berharap rusunawa tersebut dapat menjadi hunian yang layak, aman dan nyaman bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

"Kebersihan mohon dijaga agar dapat tinggal dengan nyaman dan tenteram dan dapat berpengaruh lebih produktif lagi dalam membangun Temanggung," kata Basuki di depan 96 kepala keluarga yang siap menghuni rusunawa, sesuai keterangan resminya pada Rabu, 31 Agustus 2016.

Telan Rp1,9 Triliun, Bendungan Sadawarna Ditarget Rampung Agustus 2022

Menurutnya, untuk menciptakan kondisi yang nyaman di rusun, dimulai dari perubahan sikap penghuninya yang harus lebih toleransi dan empati dengan sesama penghuni.

Bupati Temanggung, Bambang Sukarno, berharap agar selanjutnya semua proyek tahun 2017 dapat terlaksana, termasuk jalan lingkar di Temanggung.

Ia menyatakan pihaknya terus mendorong pembangunan perumahan sesuai dengan program satu juta rumah, baik itu rumah swadaya, rumah khusus dan rusun.

“Mudah-mudahan seperti harapan Pak Bupati dan masyarakat Temanggung, kita bisa menyediakan perumahan yang lebih banyak lagi dengan begitu makin banyak masyarakat yang menempati hunian layak huni,” ucapnya.

Tak lupa ia pun meminta kepada pemerintah setempat untuk terus menjaga dan mengembangkan kawasan sekitar rusun agar lebih nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya