Menabung Tapi Uangnya Tak Bertambah? Perhatikan Hal ini

Ilustrasi tabungan receh.
Sumber :

VIVA.co.id – Ada banyak tujuan yang diinginkan seseorang dari kegiatannya menabung. Ingin memiliki sebuah rumah, ingin menyekolahkan anak di sekolah favorit, ingin membeli mobil mewah, hingga ingin berlibur ke luar negeri. Semuanya ini bisa dicapai perlahan, tapi pasti dengan menabung. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Namun, terkadang apa yang diinginkan ternyata tidak sesuai dengan pelaksanaannya. Dengan pola hidup yang cenderung boros, adanya utang, membuat tabungan yang telah Anda kumpulkan sejak lama tidak pernah bertambah.

Itulah sebabnya, beberapa ahli keuangan menyarankan agar anda memisahkan antara rekening untuk kebutuhan sehari-hari, dengan rekening tabungan, jika memang Anda menabung di bank. Hal ini untuk menghindari terpakainya uang dalam tabungan Anda, untuk keperluan lain yang seharusnya tidak mengganggu uang tabungan tersebut. 

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Coba anda cek tabungan Anda dari sejak tiga bulan lalu, jika memang jumlahnya tidak bertambah mungkin Anda melakukan kesalahan ini :

1. Tidak mengeluarkan uang sama sekali

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Mungkin hal ini dilakukan untuk berhemat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hemat memang sangat dianjurkan dalam membantu mengatur keuangan agar berkecukupan, namun jika hemat yang anda lakukan berlebihan, tentu saja akan menimbulkan efek yang kurang baik. 

Jika Anda terlalu memangkas anggaran terlalu besar, hingga takut untuk mengeluarkan uang selain untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya, Anda sedang berhemat dan memutuskan untuk tidak berkunjung ke dokter gigi anda, padahal biasanya ini rutin dilakukan. 

Di satu sisi mungkin lebih hemat, tapi bagaimana jika gigi Anda malah sakit, rusak karena tidak mendapat perawatan dan bahkan harus dilakukan operasi kecil karena tidak diperiksa. Uang yang dikeluarkan tentu akan lebih besr lagi.

Baca juga: Dapat Warisan Tak Terduga, Apa yang Mesti Dilakukan?

2. Memilih barang dengan harga murah

Berhemat untuk menabung mungkin juga tidak akan berjalan maksimal, jika Anda memiliki kebiasaan menyukai barang –barang dengan harga murah. Biasanya, barang-barang low cost ini tersedia di pinggiran toko atau pasar baru. 

Mungkin sekilas, dengan harga yang murah, barang –barang seperti tas atau aksesoris ini cukup menarik perhatian Anda, namun tidak berapa lama ternyata tas atau aksesoris tersebut malah rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Itu berarti sebenarnya anda membeli barang tersebut dengan harga yang lebih mahal.

Baca juga: Uang Elektronik, Apa Keuntungan Menggunakannya?

3. Berhemat berlebihan, malah akan menyengsarakan Anda

Dalam mengatur keuangan, berhemat dalam membuat anggaran keuangan memang diharuskan. Namun berhemat disini harus dengan cara yang benar dan tepat. Berhemat tidak cukup hanya dengan memangkas anggaran saja, berhemat juga harus efisien. 

Sebagai contoh Anda sedang berhemat, sehingga saat pulang kantor menuju ke rumah, Anda memilih jalan kaki selama 30 menit, tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Namun, setelahnya kaki anda sering sakit dan bekerja pun menjadi kurang maksimal. 

Coba jika pulang dengan naik bis atau angkot saja, dengan ongkos yang tidak terlalu mahal, tentunya akan lebih efektif dan efisien dalam hal waktu maupun kesehatan dan keamanan Anda.

Baca Juga: 3 Sumber Dana untuk Biayai Kuliah Kamu Sendiri

Berhemat dengan tepat, baru bisa menabung

Sebelum Anda memulai untuk menabung , cobalah untuk berhemat terlebih dulu dengan cara yang benar dan efisien. jangan memangkas anggaran keuangan terlalu besar, jika itu membuat Anda menjadi kurang nyaman dan seperti membatasi aktifitas Anda. 

Berhemat seperlunya saja, tentukan besarannya. Setelah itu cobalah untuk menyisihkannya dan mulai menabung.

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Mental Dengan Rajin Menabung, Mau?
 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya